Bursa Eropa Reli setelah Xi Jinping Dinginkan Perang Dagang

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
11 April 2018 06:35
Bursa-bursa utama Eropa kompak menguat setelah Presiden China Xi Jinping dinginkan kecemasan perang dagang dengan AS.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa-bursa saham utama Eropa ditutup menguat pada perdagangan hari Selasa (10/4/2018) setelah Presiden China Xi Jinping meredakan kecemasan investor tentang akan terjadinya perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS).

Indeks FTSE di London naik 1% menjadi 7.266,75, indeks DAX di Frankfurt juga bertambah 1,11% ke level 12.397,32, sementara indeks CAC 40 di Paris menguat 0,84% menjadi 5.307,56.


Indeks pan-Eropa Stoxx 600 ditutup lebih tinggi 0,8% dengan semua bursa dan sektor utama ditutup di zona positif, dilansir dari CNBC International.


Saham-saham sumber daya alam yang memiliki eksposur tinggi terhadap China mencatatkan reli pada sesi perdagangan siang dan ditutup dengan kenaikan hampir 2,7% menyusul pidato Xi Jinping tersebut.

Berbicara di Boao Forum di China, presiden seumur hidup China itu mengatakan negaranya akan mengambil langkah untuk memperluas akses pasar untuk investor asing, meningkatkan batas kepemilikan asing dalam perusahaan kendaraan dalam negeri, dan melakukan hal lebih untuk melindungi hak kekayaan intelektual perusahaan-perusahaan asing.

Anglo American naik lebih dari 5% sementara BHP Billiton, Arcelormittal, dan Rio Tinto seluruhnya naik sekitar 3%.


Saham-saham sektor kendaraan juga mencatatkan penguatan 1,9%. Porsche dan Volkswagen memimpin dengan kenaikan sekitar 4,5%. Usulan Xi Jinping juga termasuk pengurangan tarif impor mobil.
Artikel Selanjutnya

Bursa Saham Eropa Dibuka Bervariasi Respons Pertemuan The Fed


(prm)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading