Uber Akan Hilang dari Asia Tenggara

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
26 March 2018 14:42
Uber Akan Hilang dari Asia Tenggara
Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi pemesanan transportasi online Uber dan Grab secara resmi mengumumkan penggabungan (merger) bisnis keduanya di Asia Tenggara hari Senin (26/3/2018). Pasca-merger, Uber akan memiliki 27,5% saham Grab.

"Platform kombinasi dari Uber dan Grab akan dinamai Grab," tulis Grab dalam email jawaban kepada CNBC Indonesia hari Senin.

Namun, perusahaan menolak membeberkan jumlah dana yang dikeluarkan Uber dalam proses akuisisi tersebut maupun detail kesepakatan kedua perusahaan.

"Kami tidak memberikan bocoran terkait syarat dan ketentuan dalam kesepakatan. Kami tidak memberikan rincian melebihi apa yang sudah ada dalam pernyataan resmi pemberitahuan merger," tambahnya.

Grab akan mengintegrasikan bisnis layanan pemesanan kendaraan dan pesan-antar makanan milik Uber di kawasan Asia Tenggara ke platform transportasi multi-moda dan fintech yang telah dimiliki Grab.

Aplikasi Uber akan tetap beroperasi selama dua minggu ke depan untuk memastikan stabilitas para mitra atau pengemudi Uber.

"Ini adalah situasi yang saling menguntungkan untuk Grab dan konsumen Asia Tenggara. Dalam waktu dekat, kesepakatan ini akan membuat kami menjadi salah satu pemain besar di sisi layanan pesan antar makanan," ujar Grab. "Grab akan mengembangkan bisnis GrabFood di regional ini dalam satu kuartal ke depan."



Sebelumnya, Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan penggabungan ini tidak akan merugikan para driver Grab dan Uber. Peningkatan pemesanan perjalanan justru akan meningkatkan pendapatan para pengemudi.

"Platform teknologi kami yang terbuka memungkinkan proses transisi yang lancar di mana mitra pengemudi dan pengguna Uber dapat dengan mudah terintegrasi dengan platform kami. Kami secara aktif melakukan proses penerimaan mitra pengemudi Uber untuk memastikan pelayanan kepada para mitra pengemudi dan konsumen tetap berjalan seperti biasa," ujar Ridzki. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading