Broker Asing Masih Kuasai Nilai Transaksi Saham

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
22 January 2018 07:07
Broker Asing Masih Kuasai Nilai Transaksi Saham
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan efek (sekuritas) atau broker saham milik asing tercatat masih menguasai transaksi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penguasaan broker asing tersebut tampak dari sisi nilai, sementara dari sisi frekuensi dikuasai broker-broker lokal.

Lima teratas broker dengan nilai transaksi tertinggi sepanjang pekan lalu, tercatat atas nama PT CItigroup Sekuritas Indonesia, broker asal Amerika Serikat (AS), kemudian menyusul PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, broker yang terafiliasi dengan perusahan investasi asal Korea Selatan.

Kemudian ada PT Mandiri Sekuritas, anak usaha PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Lanjut ada PT Nikko Sekuritas, broker yang terafiliasi dengan Jepang dan terakhir PT Morgan Stanley Sekuritas Indonesia, perusahaan asal AS. Secara rinci bisa di simak di bawah ini.
Broker Asing Masih Kuasai Nilai Transaksi Saham Foto: BEI
Broker-broker tersebut bisa menguasai nilai transaksi besar karena mayoritas klien atau nasabahnya adalah investor institusi, khususnya investor institusi asing.


Sementara itu, broker-broker dengan frekuensi terbanyak dipegang oleh broker-broker domestik, walaupun yang paling banyak tercataa atas Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Lalu disusul Mandiri Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas, PT MNC Sekuritas dan PT BNI Sekuritas.
Broker Asing Masih Kuasai Nilai Transaksi Saham Foto: BEI

Broker-broker lokal ini merupakan perantara transaksi investor-investor ritel Indonesia yang terus bertumbuh dalam beberapa tahun terakhir. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading