Awas! Makanan atau Minuman 'Sehat' Ini Mengandung Banyak Gula

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 January 2022 08:50
Gula kristal mentah (raw sugar)  impor (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Makanan sehari-hari yang kaya kandungan gula tidak selalu memiliki rasa manis. Siapa sangka, makanan sehari-hari yang sering dicap 'sehat' diam-diam mengandung banyak gula.

Meskipun gula memberikan energi bagi tubuh untuk beraktivitas, nanun pola makan tinggi gula dalam jangka panjang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa contoh makanan tinggi gula yang mungkin sering Anda konsumsi.

1. Selai

Meski terbuat dari bahan alami berupa buah-buahan, selai sebenarnya termasuk makanan tinggi gula. Selai menambahkan gula untuk menghasilkan rasa yang diharapkan dan membuat produk jadi lebih tahan lama.


2. Jus

Seperti buah utuh, jus buah mengandung beberapa vitamin dan mineral. Namun, ketika memilih menjadi jus buah, pilihlah yang berlabel 100% buah tanpa pemanis buatan. Hal ini karena banyak ditemukan jus buah dengan tambahan gula yang tidak sedikit. Jus buah yang ditambahkan dengan gula tambahan memiliki kadar gula yang sama dengan minuman bersoda.

3. Minuman ringan

Minuman ringan atau soft drink diketahui memiliki kandungan gula yang tinggi. Kandungan gula dalam minuman ringan diperkirakan dapat mencapai 39 - 99 gram. Jumlah ini bahkan jauh melebihi batas asupan gula perhati yang disarankan.

Konsumsi minuman ringan dalam jangka panjang telah terbukti dapat meningkatkan risiko sejumlah masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan menurunnya kepadatan tulang.

4. Kue

Meskipun rasanya nikmat, konsumsi kue yang berlebihan tentu dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satu dampak utamanya ialah obesitas, tapi bukan tidak mungkin kebiasaan ini meningkatkan risiko masalah kesehatan lain yang lebih serius. Selain gula pasir, kandungan gula dapat berasal dari tepung terigu, mentega, dan bahan-bahan lain yang memperkaya cita rasa kue.

5. Biskuit

Biskuit merupakan cemilan ringan favorit semua orang. Rasa renyah dan manis yang dihasilkan membuat kita ketagihan untuk memakannya. Namun, kebanyakan kue yang dijual di toko mengandung tepung olahan, pengawet, serta pemanis buatan. Bahkan jika dilihat, kandungan gulanya cukup tinggi untuk dikonsumsi sehari-hari.

6. Saus Tomat

Menyerupai saus BBQ, saus tomat juga termasuk dalam makanan tinggi gula berikutnya. Rasanya yang manis ini tak heran jika saus tomat mengandung gula yang cukup tinggi. Dalam 1 sdm saus tomat, mengandung hampir 1 sdt gula penuh.

7. Kopi 

Dibalik enaknya kopi kemasan ternyata tersimpan kandungan gula yang cukup tinggi. Adapun sejumlah minuman kopi perasa mengandung 45 gram gula atau setara dengan 11 sdt gula tambahan. Untuk itu, biasakanlah minum kopi tanpa tambahan gula atau perasa lainnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading