Air Rebusan Tanaman Liar Ini Ternyata Bisa Redakan Gula Darah

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 March 2022 12:40
Ilustrasi Cek Gula (Photo by Klaus Nielsen from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Diabetes merupakan penyakit metabolik yang menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Jika tidak ditangani dengan serius dan benar, penyakit ini bisa sangat berbahaya bahkan berujung kematian.

Siapa sangka, tumbuhan liar daun krokot yang sering dianggap sebagi gulma atau merusak keindahan tanaman ternyata memiliki khasiat obat yang dapat meredakan diabates atau gula darah. Mengandung tannin, saponin, vitamin A,B, dan C, tanaman liar ini ternyata bisa dijadikan obat herbal alami diabetes.

Selain untuk diabetes, studi yang dilakukan di China pada 2016 menunjukkan minyak dari biji-bijian tanaman krokot memiliki sifat antioksidan dan antiproliferatif yang mampu mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh. Selama dilakukan tes, minyak biji tanaman krokot mampu menghambat pertumbuhan sel tumor. 


Daun krokot yang memiliki nama latin Portulaca Oleracea umumnya memiliki bentuk daun bulat telur dengan ujung pangkal tumpul. Untuk membuatnya menjadi obat alami, Anda dapat merebusnya dalam waktu singkat. Setidaknya siapkan 120 gram daun krokot yang segar.

Krokot yang sudah direbus lalu ditumbuk sampai halus, peras dan saring. Sebagai herbal alami pengendali diabetes, minum ekstrak krokot secara sekaligus dan teratur.

Anda juga bisa mengonsumsi daun krokot mentah. Di dalam dunia kuliner, tanaman krokot seringkali dikonsumsi dalam bentuk salad. Bahkan, University of Illinois merekomendasikan untuk mengonsumsi tanaman krokot dengan daging ham yang dicampur dengan roti.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bahan Makanan Ini Paling Buruk untuk Sistem Kekebalan Tubuh


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading