Jangan Sepelekan, Kenali Kisaran Kadar Gula Darah Normal

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
23 December 2021 14:20
Ilustrasi Cek Gula (Photo by Klaus Nielsen from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjaga kadar gula darah tetap normal merupakan salah satu kunci kesehatan. Berikut adalah kisaran kadar gula darah normal yang perlu Anda ketahui supaya terhindari dari risiko diabetes.

Bagi Anda yang tidak mengidap diabetes jenis apapun, gula darah normal berada di kisaran 70-130 mg/dL, tetapi angkanya bisa berubah tergantung waktu makan.

Menurut data American Diabetes Association, kisaran kadar gula darah normal pagi hari di bawah 100 mg/dL. Satu jam setelah makan, kisarannya menjadi 90-130 mg/dL. Dua jam setelah makan sekitar 90-110 mg/dL, dan lima jam setelah makan sekitar 70-90 mg/dL.


Kisaran gula darah normal berbeda bagi yang menjalankan puasa. Setelah berpuasa selama delapan jam, kadar gula darah normal berada di kisaran kurang dari 100 miligram per desiliter. Lalu, menjelang tidur, kisarannya berubah menjadi 100-140 miligram per desiliter.

Perlu dicatat juga, kadar gula darah di dalam tubuh bisa berubah karena beberapa faktor, seperti usia, pola makan, metabolisme, dan efek samping obat-obatan tertentu.

Adapun pemicu kadar gula darah tinggi atau hiperglikema adalah kondisi ketika kadar glukosa di dalam darah naik. Stres, infeksi, kurang olahraga, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, atau melakukan aktivitas fisik yang cukup berat di saat tingkat insulin rendah juga dapat menjadi faktor gula darah tinggi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

7 Makanan Penurun Gula Darah Tinggi bagi Penderita Diabetes


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading