Ini 10 Cara Alami Menurunkan Gula Darah, Gak Perlu Obat!

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
30 November 2021 13:40
Ilustrasi Cek Gula (Photo by Klaus Nielsen from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kadar gula darah yang tinggi bisa membuat orang khawatir karena hal tersebut bisa menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes kronis. Apalagi bagi penderita diabetes, pastinya akan panik jika mengalami gula darah tinggi di pagi hari.

Tapi, jangan khawatir dulu, karena kali ini kita membahas mengenai cara menurunkan gula darah secara alami tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan.

Cara Turunkan Gula Darah Tanpa Obat


Mengalami kenaikan gula darah secara terus-menerus bisa meningkatkan terjadinya komplikasi jangka panjang. Untuk menjaganya, tentu Anda harus mencari cara untuk menurunkan kadar gula darah.

Pada dasarnya, gula darah bisa diatur dengan perubahan pola hidup dan pola makan yang baik. Berikut cara menurunkan gula darah secara alami:

1. Batasi Asupan Karbohidrat

Karbohidrat adalah kandungan makanan yang menjadi sumber utama dari glukosa, sehingga bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Melakukan diet menjadi senjata utama untuk mengelola dan menjaga kadar gula darah.

Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan diubah 100% menjadi glukosa. Jadi, penderita diabetes harus menjaga dan menggunakan perhitungan karbohidrat untuk melacak berapa banyak jumlah karbohidrat yang dikonsumsi tubuh.

2. Perbanyak Konsumsi Serat

Serat bisa berguna untuk memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula di dalam tubuh. Makanan-makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian dapat membantu menurunkan gula darah pada tubuh.

Anda bisa mengonsumsi asupan serat harian sekitar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk laki-laki.

3. Atur Asupan Lemak

Lemak bisa memiliki dampak pada kadar gula darah pada tubuh. Lemak bisa menyebabkan proses pencernaan pada tubuh menjadi lambat dan menyebabkan obesitas. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi lebih sedikit lemak dan lebih banyak protein, apalagi untuk penderita diabetes.

Jenis Makanan yang Direkomendasikan:

Ada beberapa makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang disarankan untuk mengontrol gula darah. Adapun makanan dengan lemak tak jenuh adalah sebagai berikut:

Alpukat

Kacang-kacangan (almond, kacang mete, kacang tanah)

Ikan Salmon

Ikan Tuna

Ikan Sarden

Minyak Canola

Minyak Zaitun

Selai Kacang

Chia Seed

Kenari

Jenis Makanan yang Dihindari

Adapun contoh makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang harus dihindari agar kadar gula darah tidak naik adalah:

Lemak Babi

Babi Asin

Daging Tinggi Lemak

Keju Penuh Lemak

Susu Murni dan Susu 2 Persen

Saus Krim

Margarin, dan masih banyak lagi.


4. Makan Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah bisa membantu untuk mengendalikan gula darah pada angka normal. Karena, dengan makanan-makanan yang rendah glikemik bisa memperlambat karbohidrat yang diubah menjadi glukosa. Berikut contoh makanannya:

Yoghurt

Gandum

Kacang-kacangan

Pasta Gandum

Tips Turunkan Gula Darah (2)
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading