Benarkah Minum Kopi Bikin Cepat Tua, Hoax atau Fakta?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
23 November 2021 09:10
Kopi Politik (CNBC Indonesia/ Yuni Astutik) Foto: Ilustrasi (CNBC Indonesia/ Yuni Astutik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kegemaran seperti mengonsumsi kopi terlalu sering ternyata mempercepat proses penuaan dari waktu ke waktu. Kopi dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Hal ini dungkapkan Clara Lawson, ahli gizi diet di Amerika Serikat (AS). Ia mengatakan bahwa mengonsumsi kopi terlalu sering dapat menyebabkan jerawat dan kulit keriput sebelum waktunya.


Meski demikian, efek kafein terhadap penuaan dini sebetulnya bukan merupakan dampak langsung. Tidak hanya itu, terlalu sering mengonsumsi kopi juga membuat tubuh dehidrasi, menyebabkan peradangan, dan mengakibatkan hilangnya kolagen.

"Terlalu banyak kafein membuat tubuh dehidrasi, menyebabkan peradangan, dan mengakibatkan hilangnya kolagen," ujarnya di laman Eat This, dikutip Selsa (23/11/2021).

"Semua faktor ini secara kolektif membentuk kerutan dan jerawat. Konsumsi kafein dalam jumlah besar menurunkan jumlah kolagen yang baru terbentuk di sel-sel kulit dan dengan demikian membuat Anda menua lebih cepat."

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa mengonsumsi banyak kafein, terutama pada waktu menjelang tidur (sore ke malam hari atau pada malam hari), umumnya membuat waktu tidur lebih kacau. Kondisi inilah yang akhirnya memicu produksi minyak lebih dan berujung pada penyumbatan pori-pori wajah.

"Juga, kafein memperlambat proses penyembuhan yang mempengaruhi kesehatan Anda secara signifikan.Banyak minuman berkafein juga mengandung gula dalam jumlah tinggi dan produk sehari-hari yang lagi-lagi mengakibatkan penuaan dini," papar ia.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading