Warga +62 Wajib Tahu! Ini Bahaya Efek Minum Kopi Setiap Hari

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 January 2022 12:40
A woman drinks a latte with a picture of North Korean leader Kim Jong Un and South Korean President Moon Jae-in printed on the top of milk foam at a coffee shop in Jeonju, South Korea, June 1, 2018.  Picture taken June 1, 2018.    REUTERS/Kim Hong-Ji

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang mengatakan bahwa minum kopi setiap hari bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, tak sedikit juga yang menilai tidak ada sisi bahaya minum kopi setiap hari. Lantas, manakah yang benar dari pernyataan tersebut?

Menurut beberapa penelitian yang dilansir The Healthy, minum kopi setiap hari memang bisa menurunkan risiko penyakit kronis. Bahkan minum kopi adalah cara untuk melindungi otak dari penyakit demensia. Tapi, minum kopi setiap hari juga bisa berefek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa efeknya seperti kecemasan, panik, tidur gelisah, susah tidak dan ketergantungan kafein.

"Peran kafein dapat berhenti 12-24 jam setelah dosis terakhir mengonsumsi kafein. Efeknya reda dalam 24-48 jam. Gejala yang paling menonjol adalah sakit kepala," ujar American Heart Association.


Namun, efek kafein terhadap tubuh juga sangat tergantung dengan metabolisme tubuh masing-masing.

Ketergantungan juga bisa menjadi efek negatif terlalu sering minum kopi bagi tubuh. Sebuah penelitian menyatakan bahwa konsumsi kopi atau kafein dalam dosis tinggi bisa menyebabkan ketergantungan.

Misalnya, Anda menjadi sulit fokus sebelum minum kopi. Jika ketergantungan pada kopi terjadi, hal ini justru bisa meningkatkan risiko efek negatif lain seperti sakit kepala dan kelelahan.

Seperti diketahui, kopi mengandung kafein yang merangsang kerja sistem saraf dan terbukti dapat meningkatkan tekanan darah. Meskipun bersifat sementara dan sering terjadi pada orang yang tidak terbiasa minum kopi, peningkatan tekanan darah akibat kopi ini bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

Peningkatan tekanan darah yang terus-menerus dan berlangsung lama dapat merusak arteri hingga membatasi aliran darah ke jantung dan otak. Inilah yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

9 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula untuk Kesehatan


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading