Waspada, Ini 5 Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening Bengkak

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 November 2021 12:25
Ilustrasi Wagyu Steak (Photo by Terje Sollie from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembengkakan kelenjar getah bening merupakan kondisi ketika kelenjar getah bening membesar. Ini biasanya terjadi sebagai reaksi terhadap banyaknya sel kekebalan tubuh yang diproduksi untuk melawan zat asing yang berbahaya.

Kelenjar getah bening tersebar di banyak bagian tubuh seperti ketiak, leher, pangkal paha dan belakang telinga. Penderita pembengkakan kelenjar getah bening ditandai dengan pembesaran pada kelenjar getah bening yang dapat disertai nyeri.

Salah satu cara untuk mengobatinya yakni dengan menghindari mengonsumsi beberapa makanan. Ini agar pembengkakan pada kelenjar getah bening bisa segera diatasi.


Berikut beberapa makanan penyebab kelenjar getah bening membengkak, melansir Livestrong:

1. Makanan Olahan

Makanan olahan dapat menghalangi sistem kekebalan tubuh yang sehat, menurut Harvard Health Publishing. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari antara lain makanan cepat saji, sosis, nugget dan hot dog.


2. Daging Merah

Makanan olahan daging merah seperti daging sapi, kambing, domba, dan babi juga harus dikurangi. Makanan ini dapat menyebabkan peradangan dan mengganggu mikrobioma usus. Ini juga dapat menyebabkan peradangan dan penurunan fungsi kekebalan tubuh.


3. Kafein

Meskipun minuman berkafein seperti kopi baik-baik saja dalam jumlah sedang, minum kafein terlalu banyak dalam sehari dapat membuat dehidrasi dan memicu infeksi, menurut Klinik Cleveland.


4. Makan dengan Tambahan Gula

Asupan gula tambahan pada makanan ternyata dapat berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh dan memicu pembengkakan kelenjar getah bening.

Hindari konsumsi makanan penyebab kelenjar getah bening membengkak ini. Sebaiknya, konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang dan banyak makan buah dan sayur.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading