Ini Dia Makanan Cegah Bengkaknya Kelenjar Getah Bening

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 November 2021 16:33
Ilustrasi (Image by AVAKA photo from Pixabay )

Jakarta, CNBC Indonesia - Kelenjar getah bening memiliki peran begitu penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Kelenjar tersebut mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Kendati demikian, kelenjar getah bening bisa terserang terinfeksi hingga mengalami pembengkakan. Ternyata ada beberapa cara untuk mencegah agar kelenjar getah bening tidak bengkak yakni mengonsumsi makanan sehat.

Studi menunjukkan asupan makanan yang bergizi tinggi dikaitkan dengan kejadian getah bening yang lebih rendah. Sebaliknya, makanan bergizi rendah terkait dengan kejadian kelenjar getah bening yang tinggi.

Meskipun tidak ada makanan khusus yang menjamin fungsi getah bening sehat, tapi ada beberapa makanan terbaik yang membantu agar terhindar bengkaknya kelenjar getah bening.

Berikut adalah beberapa makanan sehat yang harus dihindari agar kelenjar getah bening terhindar dari pembengkakan mengutip Livestrong.

1. Protein

Protein merupakan sumber nutrisi penting untuk kesehatan sel sistem kekebalan, menurut Harvard Health Publishing. Semakin sehat sel-sel kekebalan Anda, maka semakin baik tubuh Anda dapat melawan infeksi dan menjaga kesehatan sistem limfatik.

Adapun, sumber protein yang baik meliputi, dada ayam, ikan salmon, kedelai, tahu, tempe, almond, kacang-kacangan, yogurt, susu, keju, dan telur.

2. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu mencegah infeksi sekaligus menyembuhkan infeksi lebih cepat, menurut Klinik Cleveland. Mengonsumi sumber vitamin C dapat meningkatkan kelangsungan hidup pada pasien limfoma atau kelenjar getah bening.

Makanan kaya vitamin C untuk kesehatan getah bening meliputi, jambu biji, kiwi, nanas, jeruk, berry, semangka, sayuran hijau seperti kangkung dan bayam, paprika, brokoli dan kembang kol.

3. Vitamin B6

Vitamin penting lainnya untuk kelenjar getah bening adalah vitamin B6. Vitamin ini dapat membantu sistem getah bening melawan infeksi yang dapat mengganggu drainase yang tepat, menurut Linus Pauling Institute.

Makanan yang kaya vitamin B6 meliputi, ikan salmon, tahu, kentang, ubu dan pisang.

4. Zinc

Zinc merupakan mineral yang membantu menciptakan sel sistem kekebalan baru, menurut Klinik Cleveland. Kadar zinc yang rendah telah dikaitkan dengan fungsi kekebalan yang mengurangi risiko infeksi dan menghalangi drainase limfatik yang tepat.

Tambahkanlah makanan tinggi zinc ke dalam diet Anda, seperti, tiram, tahu, kacang-kacangan, kacang polong, buncis, yogurt dan bayam.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading