Cara Mudah Hilangkan Karang Gigi yang Membandel, Cobain Yuk!

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
18 November 2021 19:21
Ilustrasi Perawatan Gigi (Evelina Zhu by Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Karang gigi atau penumpukan plak di gigi adalah masalah pada gigi yang seringkali disepelekan. Padahal, karang gigi harus diperhatikan secara khusus agar tidak memicu kerusakan gigi yang lebih parah.

Maka dari itu, karang gigi jangan didiamkan saja, harus rutin dibersihkan agar tidak merusak mulut Anda. Jika Anda sudah terlanjur memiliki karang gigi yang menumpuk, coba lakukan cara menghilangkan karang gigi berikut ini, mudah dan cukup di rumah saja.


Penyebab Adanya Karang Gigi

Karang gigi disebabkan dari plak yang dihasilkan oleh makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat seperti gua serta pati.

Bakteri yang terus menumpuk dari bekas makanan dan minuman tersebut akan hidup di mulut dan berkembang biak sampai menghasilkan asam.

Jika dibiarkan lebih lama, asam yang dihasilkan akan merusak jaringan enamel gigi yang berujung pada kerusakan gigi.

Plak bisa berkembang pada akar gigi di bawah gusi, sehingga menyebabkan kerusakan pada tulang penyangga yang ada di gigi.


Jangan Sepelekan Karang Gigi

Karang gigi harus segera dibersihkan walaupun tidak membuat sakit. Jika dibiarkan terus-menerus, dikhawatirkan akan menyebabkan masalah mulut lainnya, seperti yang akan disebutkan di bawah ini:

- Bisa membuat gusi radang dan iritasi

- Menyebabkan bau mulut

- Gigi akan tampak lebih kusam

- Membuat bakteri jahat menyebar dan masuk ke dalam organ lainnya


Cara Menghilangkan Gigi dengan Scaling

Pertama tentunya dengan melakukan scaling gigi di dokter gigi. Plak atau karang gigi yang masih tipis bisa saja dihilangkan hanya dengan menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang atau flossing.

Berbeda dengan kasus karang gigi yang sudah menebal dan mengeras. Untuk menghilangkan plak yang tebal dan mengeras, Anda membutuhkan perawatan khusus dari dokter gigi. Dalam dunia medis, prosedur pembersihan plak atau karang gigi ini disebut dengan scaling.

Perawatan gigi ini dilakukan dengan alat yang disebut ultrasonic scaler yang berfungsi untuk merontokkan karang gigi di sela-sela gigi dan garis gusi. Daerah tersebut biasanya akan sulit dijangkau dengan sikat gigi.

Kapan Anda harus melakukan scaling karang gigi?

Idealnya adalah enam bulan sekali. Karang gigi yang sangat keras dan sudah menumpuk banyak sekali pun dapat dihilangkan dengan melakukan scaling.

Hindari Ini Setelah Melakukan Scaling Gigi

Akan ada efek samping jika Anda melakukan perawatan karang gigi di dokter. Apalagi jika karang gigi sudah menumpuk tebal. Kemungkinan terdapat efek samping seperti gusi bengkak dan nyeri.

Namun, jangan terlalu khawatir, karena efek dari scaling ini akan segera mereda setelah perawatan karang gigi dilakukan.

Agar mencegah rasa yang tidak nyaman setelah melakukan scaling, coba untuk hindari hal-hal di bawah ini:

- Jangan makan atau minum yang terlalu panas dan terlalu dingin.

- Mengurangi makanan dan minuman yang terlalu manis untuk mencegah kembalinya karang gigi.

- Hindari makanan bertekstur keras jika masih merasakan ngilu pada gusi.

- Hindari makanan yang berpotensi untuk menusuk gusi saat baru selesai scaling, seperti keripik.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading