12 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Aman dan Sehat

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
11 November 2021 14:53
Ilustrasi Perut Buncit (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masih percaya dengan pil-pil diet yang mengumbar janji berat badan turun cepat? Bukannya turun yang ada badan jadi rusak!

Berdiet atau menurunkan berat badan harus dilakukan dengan benar dan sehat. Jika melakukan hal ekstrim, Kamu justru akan merusak tubuh mu sendiri.

Cara menurunkan berat badan lebih baik dilakukan secara konsisten dibandingkan secara cepat. Tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi agar tidak merasa tertekan dengan pola diet.


Contohnya adalah dengan mengatur ulang pola makan. Lakukan lah diet sehat dengan tetap memberikan tubuh asupan yang bergizi.

Kamu tidak mau kan kalau dengan diet, bukannya langsing eh malah mengundang penyakit lain? Maka dari itu, mari kupas tuntas bagaimana cara menurunkan berat badan dengan diet sehat dan pola hidup yang baik.

Dari banyaknya jenis diet, Kamu bisa melakukan defisit kalori. Dengan melakukan defisit kalori ini, Kamu bisa menentukan jumlah kalori masuk ke dalam tubuh.

Tentunya dengan perhitungan berat, tinggi badan, serta intensitas gerak tubuh. Ingat baik-baik! Bahwa sekalipun diet, tubuh tetap butuh asupan gizi yang seimbang.

Jadikan diet sebagai pola hidup sehat yang bisa Kamu lakukan dalam jangka waktu yang panjang. Ini dia beberapa cara menurunkan berat badan dengan diet sehat.

1. Mengukur Kalori

Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengukur kalori yang dibutuhkan oleh tubuh mu. Kamu bisa menghitung kalori melalui kalkulator BMR yang sudah banyak tersedia secara online.

2. Atur Ulang Tujuan Diet

Set tujuan diet bukan hanya untuk kurus atau menurunkan berat badan. Melainkan juga untuk menjaga pola hidup sehat dengan diet sehat.

Sehingga secara alamiah diri Kamu akan menerima bahwa yang harus diatur ulang adalah pola hidup. Setelah berhasil mencapai berat badan ideal, Kamu harus tetap menjaga pola hidup tersebut.

3. Makan Teratur

Tips penting ini bisa menjadi salah satu cara diet alami loh. Pastikan Kamu makan dengan jam yang teratur.

Apabila jam sarapan mu adalah jam 8 pagi, maka usahakan sarapan selanjutnya ada di jam yang sama. Begitu pun makan siang dan makan malam.

Karena pola makan yang tidak teratur justru akan memengaruhi kadar insulin atau gula darah. Jadi jangan sengaja untuk tidak makan ya!

4. Defisit Kalori

Memang di awal akan terkesan "ribet" untuk melakukan defisit kalori. Karena setiap makan, Kamu harus mengukur berapa kalori yang ada di makanan tersebut.

Tapi nantinya Kamu akan bisa mengira-ngira sendiri porsi makan yang dibutuhkan untuk tubuh mu. Kamu bisa menurunkan asupan kalori secara perlahan agar tubuh mu juga ikut beradaptasi.

Kamu bisa mempelajari lebih lanjut mengenai makanan-makanan yang kaya akan gizi, mengenyangkan, sehat dan mencukupi kebutuhan kalori per hari.

5. Hindari Lemak Jenuh Saat Sarapan

Kamu bisa mencari makanan yang mengandung lemak baik untuk mengawali hari mu. Karena jika kamu terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh, justru Kamu akan lebih cepat lapar dan mudah lelah.

6. Penuhi Kebutuhan Mineral dan Vitamin

Tubuh membutuhkan mineral dan vitamin untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh. Minum air putih secukupnya sesuai dengan kebutuhan badan dan cukupi asupan serat dari buah-buahan.

7. Kurangi Gula dan Bye-Bye Junk Food!

Gula mengandung kalori yang sangat tinggi. Jadi batasi asupan gula yang masuk ke dalam tubuh mu. Bagi yang suka minum kopi dan teh, pelajari lebih lanjut ya mengenai batasan kafein per harinya!

Jika Kamu sangat suka kopi, mungkin Kamu bisa mengganti menu kopi susu ke americano seperti yang sering muncul di drakor-drakor! Tidak lupa untuk mengucapkan selamat tinggal kepada junk food!

8. Olahraga Teratur

Jika Kamu menginginkan hasil yang lebih cepat, lakukan olahraga secara teratur. Manusia wajib melakukan olahraga selama 150 menit dalam seminggu.

Kamu bisa melakukannya 10 - 30 menit setiap harinya atau 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Jika Kamu tidak pernah melakukan olahraga, maka mulai lah dari sekarang dengan intensitas rendah.

Setelah terbiasa, Kamu bisa menaikkan intensitas olahraga mu. Rekomendasi olahraga yang mudah untuk menurunkan berat badan adalah hit cardio, jogging dan treadmill.

9. Manipulasi Psikis dengan Wadah Makanan

Kamu terbiasa makan banyak dan susah untuk merasa kenyang? Coba ganti wadah atau piring makan mu ke tempat yang lebih kecil.

Lambat laun, ini akan memengaruhi pikiran Kamu bahwa Kamu sudah makan banyak seperti biasa karena makanan yang terlihat penuh di dalam piring kecil.

10. Aktif Bergerak

Kalau Kamu terlalu banyak duduk, coba untuk sesekali mengistirahatkan badan dengan jalan kaki. Mengurangi penggunaan kendaraan seperti motor jika jarak yang ditempuh cukup dekat.

Biasakan untuk berjalan kaki agar Kamu bisa membakar kalori lebih banyak selain dari olahraga yang teratur.

11. Tidur Cukup

Tau gak sih? Ternyata begadang bisa membuat berat badan naik loh! Maka dari itu, pastikan jam tidur Kamu cukup dalam sehari.

12. Konsisten

Terakhir dan yang paling penting dari cara menurunkan berat badan adalah konsisten! Ingat, diet sehat membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Butuh waktu minimal tiga bulan untuk tubuh beradaptasi dengan pola hidup baru. Bayangkan saja jika Kamu dipaksa untuk mengenal seseorang secara detail dalam sehari, mustahil bukan?

Jika Kamu berhasil konsisten, berarti Kamu sudah siap untuk menjaga pola hidup yang lebih sehat dalam jangka panjang.

Bahas Makanan dan Cemilan Untuk Diet Yuk!

Daripada percaya dengan pil-pil diet dan menyalahgunakan teh jati untuk menurunkan berat badan, mending cari tahu mengenai makanan untuk diet yang sehat.

Saat diet, Kamu tetap harus memastikan makanan mu ada di 4 sehat 5 sempurna. Kamu memerlukan karbohidrat, protein, serat, dan yang lainnya.

Untuk mengurangi kalori dari makanan tersebut, Kamu bisa mengatur cara pengolahannya. Yang mulanya digoreng dengan banyak minyak bisa diganti dengan dipanggang atau direbus.

Catatan Makanan untuk diet:

Boleh makan nasi tetapi batasi asupan maksimal (Contoh: maksimal 3 sendok). Lengkapnya bisa mencari jurnal atau konsultasi dengan ahli gizi.

Ganti paha ayam ke dada ayam. Karena paha ayam memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan dada ayam.

Ganti cemilan yang tidak sehat seperti cilok, cilung, cimol, hingga ciki dengan buah. Usahakan Kamu juga tetap memiliki waktu untuk ngemil (Contoh: waktu makan jam 8, 12 dan 5 sore. Waktu ngemil jam 10 dan 3 sore).

Konsumsi makanan dengan kandungan lemak baik dan jangan lupa untuk konsumsi buah serta sayur.

Jika mengonsumsi cemilan untuk diet yang dijual di supermarket, tetap lihat kandungan kalorinya ya!

Bisa disimpulkan bahwa kunci utama dari diet adalah asupan makanan dan olahraga. Dengan menjaga dua hal tersebut, bisa dipastikan akan mengurangi risiko penyakit dalam jangka waktu yang panjang.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading