5 Tips Diet Ala Dokter Cissie Nugraha, Simak Yuk!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
20 October 2021 14:40
Diet mahal

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang yang mau melakukan diet demi memperoleh bentuk tubuh ideal. Namun, jangan sembarangan menentukan pola atau jenis diet karena dapat merusak tubuh.

Sebab kondisi tubuh setiap orang berbeda sehingga kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi juga berbeda. Sementara metode diet yang berkembang juga sangat banyak. Lebih baik jika melakukan diet perlu pendampingan profesional seperti dokter.

"Semua orang punya keunikan masing-masing, makanya tidak bisa menerapkan hal yang sama (jenis diet) ke semua orang. There is no diet one size fits all," kata dr. Cissie Nugraha MSc., MARS., Rabu (20/10/2021).


Sosok dr. Cissie berseliweran di media sosial karena mendampingi program diet artis, seperti Audy Item, Melly Goeslaw, Titi DJ, Luna Maya, Tantri Kotak, Citra Kirana, Ruth Sahanaya, Ustaz Yusuf Mansur, hingga Agnez Mo.

Berikut beberapa tips yang diberikan dr. Cissie supaya bisa menjaga berat badan ideal :

Hindari makanan cepat saji
Kunci utama diet adalah mengonsumsi makanan sehat. Makanya, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghindari junk food. Karena makanan nutrisi yang baik juga menjaga daya tahan tubuh supaya tidak terserang penyakit.

"Saat pandemi tentu banyak yang stres. Namun ingat makanan yang salah membuat daya tahan tubuh kita juga turun. Stres juga meningkatkan berat badan. Jadi seperti lingkaran setan," katanya.

Waspada terhadap produk herbal
Banyak obat penurun berat badan dengan melabeli produk herbal. Menurut dr. Cissie, jika mau mengonsumsi produk itu, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter, karena salah-salah malah merusak metabolisme tubuh.

"Hati-hati dalam menggunakan produk herbal. Sebab, semuanya harus terukur dan berdasarkan hasil konsultasi dengan dokter. Yang ada bukannya kita jadi sehat malahan sakit," jelas wanita kelahiran Bandung ini menambahkan.

Makan sayur dan buah
Sayur dan buah mengandung antioksidan dan obat alami yang bisa memaksimalkan diet. Selain itu, ada kandungan lain supaya kebutuhan nutrisi tubuh masih dapat terjaga.

"Tips yang paling utama adalah perbanyak makan sayur dan buah. Di sanalah terkandung semua phytonutrients, antioksidan, dan obat alami yang disediakan untuk tubuh kita bisa bekerja maksimal dengan baik," kata dr. Cissie.

Minum air putih
Saat melakukan diet, kebutuhan cairan dalam tubuh penting supaya tidak dehidrasi. Dr. Cisse mengatakan air putih dapat menjaga metabolisme tubuh supaya berjalan dengan baik.

"Cukupkanlah minum air. Sebab tubuh kita mayoritas adalah air. Jika kurang minum tentu metabolisme tidak akan berjalan dengan baik," imbuhnya.

Boleh makan banyak
Paling menarik, dr. Cissie mengatakan tidak masalah kalau saat melakukan diet tapi juga diperbolehkan makan banyak. Asalkan terus memperhatikan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh.

"Suka makan itu adalah anugerah Tuhan. Makanya kita diciptakan dengan berbagai indera perasa. Artinya tubuh kita diizinkan oleh-Nya untuk menikmati beragam rasa yang tentu membuat kita puas," papar dr. Cissie.

"Namun jangan sembarangan memilih makanan yang dimasukkan ke tubuh. Jangan junk food ya, Bunda," sambungnya kemudian.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading