5 Menu Kopi yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Nongkrong

Lifestyle - Tim, CNBC Indonesia
09 August 2021 11:37
Potret Barista Tunanetra Bertahan Ditengah Pandemi (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pernah mengunjungi coffee shop saat nongkrong bareng teman atau nugas? Menu kopi pasti tidak pernah dilewatkan. Tidak sedikit juga yang merasa kecewa karena salah pilih menu minuman kopi.

Supaya kamu tak salah pesan, ada baiknya mengetahui apa saja menu kopi yang paling sering dipesan dan jadi favorit. Dengan begitu kamu akan mendapatkan pilihan menu yang spesial dan ingin pesan lagi.

Menu Kopi Wajib Pesan saat Nongkrong di Coffee Shop

Meningkatnya usaha coffee shop di Indonesia membuat setiap usaha saling bersaing, salah satunya adalah dengan menciptakan menu kopi yang orisinil dan menjadi ciri khas. Dengan begitu semakin banyaklah menu kopi yang tersedia di cafe.

Tapi apapun menunya kamu tak perlu bingung, karena masih banyak menu sama yang selalu tersedia dan jadi favorit. Berikut ini apa saja menu kopi yang wajib kamu pesan saat sedang nongkrong.

1. Espresso

Para pecinta kopi pahit pasti akan memesan menu ini, karena dibuat dari ekstrak biji kopi yang prosesnya memanfaatkan mesin bertekanan tinggi. Penyajiannya sendiri berbeda dengan kopi hitam biasanya karena espresso hanya tersedia one shot dan double shot.

One shot espresso berisi 30 ml yang bisa diminum sekali teguk. Oleh karena itu jangan kaget ketika disajikan kamu hanya akan melihat satu gelas kecil berisi kopi. Bagi kamu yang kurang suka pahit tentu espresso bukan pilihan yang tepat.

2. Cappucino

Menu kopi yang satu ini pasti sudah sangat familiar di telinga. Cappucino adalah menu yang paling banyak tersedia di manapun termasuk di Javabowlofsoul. Minuman kopi ini sendiri terdiri dari espresso dan juga susu.

Jumlah espressonya adalah sepertiga dari susu, selain itu terdapat busa susu di atas kopi. Tak hanya di coffee shop saja, cappucino juga kini telah diciptakan dalam bentuk kopi instan bubuk. Namun rasanya tetap tidak seenak di coffee shop.

3. Macchiato

Salah satu menu yang hampir mirip dengan cappucino yaitu memadukan antara espresso dengan susu. Hanya saja jumlah susu dan espressonya sama yaitu 1:1. Sehingga rasa yang dihasilkan pun sangat balance.

Beberapa coffee shop kemudian menciptakan menu macchiato tapi dengan jumlah susu yang lebih banyak yaitu perbandingan 1:4. Namun dengan penambahan susu lebih banyak ini membuat namanya berubah menjadi macchiato latte.

4. Americano

Pilihan menu kopi pahit lainnya yang pas buat kamu kurang suka dengan susu. Americano adalah menu espresso dengan tambahan air panas. Sehingga rasa kopi tidak terlalu pahit dan kental.

Ada juga yang ditambahkan es supaya minuman kopi jadi segar dan pas diminum siang hari. Rasanya sendiri lebih kuat dibandingkan dengan kopi tubruk, namun tidak banyak serbuk kopi mengingat dibuat dari ekstrak kopi asli.

5. Cafe Mocha

Lebih familiar dengan sebutan menu moccacino, di mana salah satu favorit anak muda karena rasa kopi yang tidak seberapa americano. Keunikan dari menu ini adalah dengan penambahan bubuk coklat dalam pembuatannya.

Rasa coklat yang pahit menjadikannya jadi lebih enak dan bisa disajikan panas atau dingin. Untuk penyajian panas, cafe mocha juga ditambahkan dengan foam susu di atasnya seperti cappucino.

Apakah kamu sudah mencoba semua menu ini? Jika kamu kurang suka dengan menu kopi saat nongkrong jangan khawatir. Setiap coffee shop pasti menyediakan juga menu minuman lainnya. Seperti mojito, frappe, teh, smoothies dan masih banyak lagi, jadi kamu tak akan bingung memilih.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Penjelasan Minum Kopi Bisa Kurangi Risiko Terpapar Covid-19


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading