Bunda, Simak Tips Penting Merawat Tanaman Hias

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
21 December 2020 10:45
Philodendron (Image by bstad from Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mengoleksi dan memiliki tanaman hias ternyata susah-susah gampang. Meski demikian, ada perbedaan dalam perawatan di setiap jenis tanaman.

Tidak hanya menyiram dan pemberian pupuk saja, tapi setiap tanaman hias memiliki kebutuhan air berbeda-beda. Berikut adalah cara merawat tanaman hias agar tak mudah layu dikutip Hai Bunda.


1.Cahaya

Kebutuhan cahaya tanaman hias indoor dan outdoor memang berbeda. Kalau tanaman hias indoor biasanya senang dengan cahaya terang dari sinar matahari tidak langsung. Maka, mereka bisa tumbuh subur di dalam rumah.

Kalau sinar matahari begitu intens menembus jendela rumah, sebaiknya beri tirai untuk melindungi tanaman hias tersebut. Supaya cahaya yang terkena tanaman hias tetap sesuai kebutuhan.

Sesuaikan dengan jenis tanaman hias yang dimiliki. Untuk sukulen misalnya, meskipun kerap dijadikan tanaman hias indoor, jenis tersebut tetap kuat diterpa sinar mentari langsung yang cerah dalam waktu lama.

2.Kompatibilitas

Kalau sudah sibuk bekerja biasanya akan melupakan segala hal, termasuk merawat tanaman hias yang ada di rumah. Jika demikian, lebih baik menanam tanaman hias yang memiliki kompatibilitas baik dan tetap subur tanpa perawatan intens.

Misalnya, tanaman hias sukulen seperti ZZ yang dapat bertahan mesti tidak dirawat secara baik. Hal utama yang dibutuhkan tanaman hias ZZ hanyalah kecukupan cahaya baik terang ataupun sedang. Lalu disiram ketika tanahnya sudah kering.

Namun kalau punya waktu lebih, bisa memilih tanaman hias yang sedikit membutuhkan perawatan lebih, seperti anggrek atau pakis.

3.Air

Lebih baik kekurangan daripada kelebihan menyiram air pada tanaman hias. Terlalu banyak air dapat menyebabkan akar membusuk.

Hapus saja jadwal penyiraman tanaman hias, dan siramlah tanaman secukupnya ketika dibutuhkan. Cek dulu tanah pada pot tanaman hias untuk memastikannya sudah kering setidaknya sampai 5 cm dari permukaan.

Frekuensi menyiram tanaman hias biasanya berbeda-beda tergantung musim. Saat musim panas, Anda bisa jadi harus lebih sering menyiram karena tanah akan lebih cepat kering.

Halaman 2>>

Tips Halaman 2
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading