Buat Rumah Cantik, 10 Tanaman Hias Tidak Mudah Mati

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 November 2020 09:42
azalea

Jakarta, CNBC Indonesia - Mempercantik rumah dengan sentuhan alam dengan tanaman hias kian diminati. Kendati demikian, masih banyak orang yang khawatir dalam perawatannya.

Tapi untungnya, ada beberapa tanaman yang mudah dirawat dan dapat bertahan hidup meski tanpa paparan sinar matahari. Lantas apa sajakah itu, berikut ini paparannya mengutip Hai Bunda.

1.Lidah Buaya


Tanaman hias satu ini punya bentuk yang unik. Selain ditanam di kebun, lidah buaya dapat ditempatkan di dalam rumah.

Untuk ukurannya, Anda enggak perlu khawatir karena enggak terlalu besar dan terbilang cocok untuk di taruh di dalam rumah.

Cara merawatnya gampang yakni hanya membutuhkan cahaya matahari. Jadi pastikan lidah buaya ditaruh di tempat yang terpapar secara langsung ya. Kalau indoor, bisa taruh dekat jendela.

Lidah Buaya (Image by Stephanie Edwards from Pixabay)Foto: Lidah Buaya (Image by Stephanie Edwards from Pixabay)
Lidah Buaya (Image by Stephanie Edwards from Pixabay)



2.String of Pearls

Bunda mencari tanaman hias yang dapat bertahan lama? String of pearls jawabnya. Tanaman hias ini bisa hidup selama 5 tahun, jika ditanam dengan benar.

Spring of pearls memiliki ciri khas daun yang tebal. Bentuknya bulat seperti mutiara, serta punya warna hijau yang sangat cantik. Ada fakta menarik lagi dari tanaman hias ini. Spring of pearls tidak memiliki masalah hama atau penyakit.

3.Jade Plant

Tanaman hias indoor berikutnya adalah jade plant. Mengutip Gardening Know How, tanaman hias jade plant terbilang cukup mudah dalam perawatannya. Hanya membutuhkan air yang cukup, serta pastikan terkena sinar matahari secara langsung agar pertumbuhannya sempurna.

4.Bambu China

Tanaman hias yang satu ini tidak bisa banyak terpapar sinar matahari secara langsung, karena daun bambu China dapat terbakar. Biasanya tanaman hias ini disusun berbeda-beda agar menciptakan kesan minimalis.

Bunda bisa menaruh bambu China di vas berukuran sedang, lalu isi dengan air 2 cm. Jangan lupa juga beri sedikit kerikil sebagai penyangganya.

Hati-hati saat merawatnya karena bambu China sangat sensitif terhadap klorin. Jadi, siram tanaman ini dengan air suling yang telah diendapkan selama 24 jam, agar klorin yang ada di dalam klorin menguap.

Bambu China yang sehat terlihat dari akarnya yang berwarna merah. Agar tanaman hias ini lebih sempurna pertumbuhannya, gantilah air setiap minggu.

5.Sirih Gading

Jika berniat menanam sirih gading untuk dijadikan tanaman hias indoor, pastikan rumah Anda mendapat sinar matahari dengan baik.

Tetapi, jika ingin mendapatkan kecantikan warna yang ditampilkan tanaman hias ini, dikutip dari SF Gate, tidak perlu sering ditaruh di tempat dengan sinar matahari langsung.

Hal tersebut menyebabkan warna hijau di semua bagian termasuk daun, serta pertumbuhan pada tanaman hias ini akan terhambat. Sirih gading dapat hidup pula di tempat yang kering. Jadi, enggak perlu khawatir jika lupa menyiramnya.

6.Christmas Cactus

Tanaman hias satu ini tidak bisa terlalu terkena terik matahari. Jadi, harus betul-betul merawatnya dengan telaten.

Sebaiknya, taruh di jendela rumah dan hadapkan ke arah timur. Jika dirawat dengan baik, warna yang dihasilkan dari Christmas cactus bisa beragam, yakni merah, putih, ungu, pink, serta ungu.

Tapi, sangat di sayangkan, bunga Christmas cactus hanya bertahan selama beberapa hari ketika bermekaran. Dikutip dari Good House Keeping, jika dirasa kekurangan air serta perubahan suhu secara drastis, bunga tanaman hias ini bisa cepat layu.

pameran flona di Lapangan banteng, sabtu (11/8/2018). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)Foto: Tanaman Hias Kaktus CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto
pameran flona di Lapangan banteng, sabtu (11/8/2018). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)



7.Begonia

Untuk Bunda yang memiliki kesibukan dalam mengurus rumah tangga atau bekerja, namun tetap ingin berkebun, Begonia adalah solusinya. Tanaman hias ini mudah untuk ditanam, juga tahan terhadap cuaca yang panas.

Walaupun demikian, jangan taruh tanaman ini di bawah sinar matahari secara langsung ya. Simpan di tempat yang tidak terlalu terkena cahaya matahari.

Perawatannya yang mudah membuat banyak orang tertarik merawat tanaman hias ini. Begonia juga memiliki warna bunga yang indah dan memukau. Warnanya merah, kuning, pink, dan masih ada warna lainnya.

8.Bromelia

Tanaman hias bromelia merupakan tanaman hias yang mudah tumbuh subur, sama seperti tanaman anggrek epifit. Kehebatan tanaman hias ini bisa bertahan hidup lebih lama terhadap fluktuasi dan kekeringan.

Dilansir The Spruce, bromelia mudah beradaptasi dengan kondisi rumah.

Bromelia memiliki tekstur berbeda serta berbagai warna, seperti kuning, oranye, merah, ungu, hijau, serta kombinasi.

Agar dapat berbunga jadi tanaman yang indah, tanaman hias bromelia dipengaruhi oleh suhu, cahaya, kelembapan air, dan pupuk. Perlu diingat bahwa keadaan ini disesuaikan dengan jenis spesiesnya.

9.African Violet

Namanya yang indah membuat tanaman hias ini jadi populer. African violet akan tumbuh subur dalam kondisi cerah, hangat dan lembap.

Usahakan agar air tidak terkena daun, karena akan menimbulkan bercak kecoklatan. Jadi, perlu hati-hati dalam merawatnya.

Taruh tanaman hias ini di tempat yang lembap agar tidak mengering. Tetapi, harus terkena sinar matahari.

10.Peace Lily

Peace lily bisa berbunga dua kali dalam setahun. Jika merawatnya secara baik, tanaman ini bisa tumbuh dengan sempurna.

Tanaman hias ini cocok tumbuh di musim tropis seperti negara kita ini. Warna yang ditawarkan bunga ini pun sangat cantik yaitu putih.

Menariknya lagi, ternyata peace lily bermanfaat bagi ruangan di rumah. Salah satunya bisa menyaring polutan seperti karbondioksida dan formaldehida.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading