Ini 5 Tips Rawat Tanaman Hias Philodendron Birkin

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 January 2021 19:00
Tanaman Philodendron Birkin (Tangkapan Layar via Tokopedia/quincai flowers)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman hias philodendron memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah philodendron birkin. Tanaman hias ini cukup digemari oleh pecinta tanaman hias.

Philodendron birkin populer karena daunnya yang cantik dan menakjubkan. Adapun ciri khas daunnya berbentuk oval, berwarna hijau tua yang mengkilap, dan corak garis-garis berwarna kuning krem di permukaannya.

Bagi Anda yang tertarik atau sudah punya tanaman hias philodendron birkin, ternyata ada sejumlah tips untuk merawatnya. Berikut tips mudah merawatnya, seperti dikutip dari Haibunda:


1. Penyiraman

Cara merawat tanaman hias philodendron birkin tak begitu sulit. Kunci terpenting dalam merawat jenis tanaman hias ini adalah memberikannya banyak kelembapan, jauhkan dari sinar matahari langsung, dan penyiraman tepat.

Meski harus lembap, bukan berarti tanaman Anda harus basah. Anda cukup menyiram tanaman sekali atau dua kali dalam seminggu.

Namun, pastikan tanah di atasnya sudah mengering sebelum disiram. Ini agar tanahnya menjadi tidak terlalu basah.

Sebab, jika kelebihan air mengakibatkan akar tanaman menjadi busuk dan cepat mati. Cara terbaik untuk memeriksa kelembapan adalah dengan meletakkan jari di tanah.


2. Tanah

Tanah adalah bagian penting dari perawatan tanaman hias philodendron birkin yang sehat. Agar memperoleh nutrisi yang optimal, tanah tanaman hias ini harus kering dahulu sebelum disiram.

Jika kelebihan air, akar akan basah, dan akan mempercepat pembusukan, sehingga tanaman hias akan mati. Namun, jangan khawatir, ada cara tepat untuk mempertahankan kesuburan tanah nih, yaitu dengan menambahkan lumut gambut ke dalam tanah tanaman hias philodendron birkin.

Dikutip dari Planthophiles, lumut gambut memiliki tekstur kasar dan lapang. Berkat teksturnya yang kasar itulah ia dapat menahan air, sehingga mencegah tanah menjadi terlalu basah.


3. Sinar Matahari

Tanaman ini tumbuh subur dari cahaya tidak langsung yang terang. Meletakkan tanaman hias ini di bawah sinar matahari langsung, hanya akan merusak daunnya.

Jika terlalu lama terpapar sinar matahari langsung, maka daun akan menjadi cepat rontok. Tanaman hias juga akan cepat mengering dan layu.

Jadi, letakkan tanaman hias ini di ambang jendela. Gunakan tirai sebagai pembatas antara sinar matahari dan tanaman.


4. Kelembapan

Philodendron birkin dapat tumbuh subur pada kelembapan yang tinggi. Semakin tinggi kelembapan yang dimilikinya, maka semakin sehat pula tanamannya.

Daun pada philodendron birkin ini juga akan tumbuh semakin sehat bila memperoleh kelembapan yang maksimal. Oleh sebab itu, tanaman hias ini lebih cocok diletakkan di ruangan indoor.

Jika perlu, tambahkan humidifier atau pelembap udara agar konsistensi kelembapan terus terjaga.


5. Pupuk

Pupuk adalah kunci utama tanaman hias philodendron birkin yang sehat dengan daun besar yang indah. Gunakan pupuk cair agar tanaman hias ini dapat tumbuh maksimal. Pastikan pupuk cair ini harus memiliki unsur hara mikro kalsium dan magnesium.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading