Bukan City (Apalagi MU), Dia Bisa Bikin Liverpool Gagal Juara

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
13 September 2020 11:05
Soccer Football - Champions League Final - Real Madrid v Liverpool - NSC Olympic Stadium, Kiev, Ukraine - May 26, 2018   Liverpool manager Juergen Klopp walks past the trophy with his medal after the match                                REUTERS/Kai Pfaffenbach

Well, liga memang masih panjang, masih puluhan pertandingan lagi. Namun jika tidak segera berbenah, maka Liverpool akan kian sulit bersaing dengan City dalam perebutan gelar juara.

Akan tetapi, sekarang bukan cuma City yang akan menjadi sandungan bagi Liverpool untuk meraih trofi Liga Primer. Ada 'pesaing' baru yang bisa merebut panggung, menjadi penyebab Liverpool gagal mempertahankan gelar.

'Pesaing' itu adalah virus corona (Coronavirus Disease-2020/Covid-19). Wabah virus yang awalnya menyebar di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat China itu menyebar dengan sangat cepat, termasuk di Inggris.


Musim lalu, Liga Primer sempat hibernasi selama tiga bulan gara-gara pembatasan sosial (social distancing) untuk menekan risiko penyebaran virus corona. Maklum, virus ini akan lebih mudah menyebar dalam kerumunan.

Sekolah, perkantoran, dan berbagai tempat yang bisa menyebabkan kerumunan manusia ditutup sementara. Termasuk stadion, tempat puluhan ribu orang tumplek dalam jarak yang sangat dekat.

Kala itu, sempat muncul wacana agar Liga Primer musim 2019/2020 diputihkan. Null and void, dihapus dari buku sejarah. Liverpool yang saat itu sedang berada di posisi puncak degan keunggulan 25 angka di atas City terancam gagal menjadi juara.

Akan tetapi kemudian diputuskan Liga Primer bergulir kembali pada 17 Juli meski dengan rambu-rambu protokol kesehatan, salah satunya pertandingan digelar tanpa suporter. Protokol yang masih berlaku sampai saat ini.

Tidak lama setelah Project Restart, Liverpool berhasil mengunci posisi puncak pada pekan ke-31. Liverpool menjadi tim yang paling cepat memastikan diri menjadi juara di dunia persepakbolaan Inggris.

Corona Kian Parah, Inggris Perketat Social Distancing
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading