Messi Mau Resign dari Barcelona, Peminat Bayar Rp 12 T!

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
26 August 2020 11:02
Barcelona's soccer player Lionel Messi holds the trophy of the Golden Ball award ceremony in Paris, Monday, Dec. 2, 2019. Messi won the Ballon d'Or for sixth time. (AP Photo/Francois Mori)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi pecinta sepakbola, satu dekade ini boleh dibilang sebagai periode yang menyenangkan sekaligus membosankan. Sejak 2008 hingga 2019, jagat sepakbola hanya didominasi dua nama: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Dalam periode tersebut, Messi enam kali membawa pulang trofi Ballon d'Or, simbol pesepakbola terbaik di planet bumi. Sementara Ronaldo menggondol lima trofi. Hanya satu pemain yang bisa nyelip di antara dominasi mereka berdua yaitu Luka Modric.


Di satu sisi, periode 2008-2019 adalah saat yang menyenangkan. Penggila bola bisa menjadi saksi melihat dua pemain terbaik bersaing dalam satu masa. Baik Ronaldo maupun Messi berhak mengklaim dirinya sebagai The Greatest of All Time (GOAT). Jarang-jarang atau mungkin hanya sekali seumur hidup kita bisa menyaksikan dua pemain yang bisa menjaga level konsistensi di titik tertinggi selama lebih dari satu dasawarsa.

Namun di sisi lain, ada sedikit rasa bosan karena Sang Messiah dan CR7 terlalu dominan. Franck Ribery dan Virgil Van Dijk sudah merasakan pahitnya tenggelam dalam kedigdayaan Messi dan Ronaldo. Meski tampil ciamik di level klub, Ribery dan Van Dijk gagal merengkuh gelar Ballon d'Or.

Ribery, yang menurut banyak orang layak diganjar Ballon d'Or pada 2013, harus merelakan gelar itu kepada Ronaldo. Sementara Van Dijk yang membawa Liverpool menjadi juara Eropa tahun lalu harus 'ditikam' oleh Messi.

Apa pun itu, yang jelas rivalitas Messi-Ronaldo telah mengubah peta sepakbola dunia. Namun Messi dan Ronaldo tetap manusia yang fana. Mereka bukan dewa, manusia biasa yang harus mengalah dengan waktu.

Messi Sudah Ajukan Surat Pengunduran Diri
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading