Messi Raih Ballon d'Or: Gengsi Dapat, Dompet Susah Dilipat

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
03 December 2019 11:55
Lionel Messi (REUTERS/Flavio Lo Scalzo)
Jakarta, CNBC Indonesia - Dini hari tadi waktu Indonesia, majalah sepakbola kenamaan asal Prancis, France Football, menggelar acara tahunan penganugerahan pemain terbaik dunia. Ballon d'Or alias Bola Emas, itu namanya.

Penghargaan tahunan ini sudah berlangsung sejak 1956. Pada 2010-2015, Ballon d'Or sempat dimerger dengan penghargaan pemain terbaik versi Federasi Sepakbola Dunia (FIFA), tetapi bercerai pada 2016 sampai sekarang.

Sejak 2008, Ballon d'Or dikuasai oleh dua nama yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Hanya Luka Modric yang berhasil 'nyempil' dengan menyabet sang bola emas pada 2018.


Tahun ini, Virgil Van Dijk dijagokan untuk kembali memutus dominasi Messi-Ronaldo. Bek tengah klub Liverpool (Inggris) berkebangsaan Belanda ini memang memukau sepanjang musim 2018/2019.


Van Dijk dianggap berhasil mengubah pertahanan Liverpool yang awalnya sering 'melawak' menjadi sangat kuat. Musim lalu, Si Merah jadi tim dengan pertahanan terbaik di Liga Primer Inggris dengan catatan kemasukan 22 gol.

Big Virg menjadi figur sentral dalam perjalanan Liverpool menjadi juara Benua Biru. Van Dijk tampil 12 kali di Liga Champions Eropa dan mengantar Liverpool merenggut Si Kuping Besar setelah mengalahkan Tottenham Hotspur (Inggris) di laga pamungkas.



Messi Seperti Bukan Manusia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading