Messi, Ronaldo, Neymar, Penghibur Lapangan Hijau Terkaya 2019

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
12 July 2019 14:50
Messi, Ronaldo, Neymar, Penghibur Lapangan Hijau Terkaya 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Majalah Forbes belum lama ini merilis daftar 100 penghibur dengan bayaran tertinggi di muka bumi. Uniknya, di posisi 10 besar ada tiga orang pemain sepakbola yaitu Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar Jr. 

Pemain sepakbola adalah atlet, olahragawan. Entah mengapa mereka kemudian masuk dalam kategori penghibur... 

Namun kalau melihat penampilan Messi, Ronaldo, atau Neymar, rasanya predikat penghibur memang pantas disematkan. Kemampuan teknik jauh di atas rata-rata, indah dalam mengolah bola, dan sering menciptakan gol-gol indah. Sangat menghibur, memuaskan mata dan hati para pecinta sepakbola (bahkan orang awam). 


Messi dan Ronaldo tidak dibantah lagi adalah pemain terbaik dunia selama satu dekade ini. Keduanya bergantian memenangi penghargaan Balon d'Or yang menjadi simbol pemain nomor satu, sebelum tahun lalu diputus oleh Luka Modric. 

Di daftar Forbes, Messi menempati peringkat empat penghibur dengan bayaran tertinggi tahun ini. Forbes menaksir sejak awal tahun si Dewa Sepakbola memperoleh bayaran US 127 juta atau sekira Rp 1,79 triliun dengan kurs saat ini. 

Dari klubnya, FC Barcelona (Spanyol), Messi diperkirakan menerima bayaran Rp 92 juta (Rp 1,3 triliun) sejak awal 2019. Sumber pemasukan pemain yang identik dengan nomor punggung 10 ini tidak hanya gaji dari Barcelona, tetapi dari kontrak komersial dengan berbagai perusahaan seperti Adidas, Gatorade, Huawei, Mastercard, dan Pepsi. Kontrak komersial Messi diperkirakan mendatangkan uang US$ 35 juta (Rp 492,93 miliar) sejak awal tahun).  


Sementara Ronaldo menempati peringkat keenam di daftar Forbes. Sejak awal tahun hingga 9 Juli, CR7 diperkirakan mendapat bayaran US$ 109 juta (Rp 1,53 triliun). 

Pemasukan Ronaldo dari gaji dan bonus yang dibayar oleh klubnya, Juventus (Italia), ditaksir US$ 65 juta (Rp 915,45 juta). Sedangkan dari endorsement, pendapatan Ronaldo adalah US$ 44 juta (Rp 619,69 juta) dari Herbalife, Nike, Electronic Arts, dan sebagainya. 


Di posisi ketujuh daftar Forbes ada nama Neymar, sang pemain termahal dunia. Kala menebus Neymar dari Barcelona, Paris St Germain (Prancis) harus mengeluarkan duit sampai EUR 222 juta (Rp 3,52 triliun). 

Messi, Ronaldo, Neymar, Penghibur Lapangan Hijau Terkaya 2019Foto: REUTERS/Jason Cairnduff


Forbes menaksir pendapatan Ney sepanjang 2019 adalah US$ 105 juta (Rp 1,48 triliun). Jumlah tersebut didapat dari gaji dan bonus US$ 75 juta (Rp 1,06 triliun) plus endorsement US$ 30 juta (Rp 422,55 miliar). 

Meski dapat bayaran tinggi di klub Kota Cinta, tetapi Neymar sepertinya tidak betah. Hanya dua musim, Neymar disebut-sebut ingin kembali ke Barcelona. Sampai-sampai Neymar bolos latihan perdana PSG dan mendapat sanksi. 


Well, sepakbola (terutama di Eropa) sudah menjadi industri kelas paus, bukan sekadar olahraga. Orang-orang yang terlibat di dalamnya pun tidak hanya berstatus atlet, tetapi juga selebritas dengan bayaran tinggi.


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading