Pemain Ini Dibanderol Rp 4 T, Neymar Lewat!

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
09 July 2019 14:47
Pemain Ini Dibanderol Rp 4 T, Neymar Lewat!
Jakarta, CNBC Indonesia - Dua tahun lalu, Neymar Jr menggemparkan dunia sepakbola kala memutuskan pindah dari Barcelona (Spanyol) ke Paris St Germain (Prancis). Jawara Prancis memboyong Neymar dengan biaya transfer yang memecahkan rekor dunia, yaitu EUR 222 juta (sekira Rp 3,51 triliun dengan kurs saat ini). 

Setelah dua tahun membela klub Kota Cinta, sang titisan Pele tidak betah. Eks penyerang Santos (Brasil) itu berulah, tidak muncul di latihan perdana menyambut musim 2019/2020. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Neymar ingin kembali ke Barcelona. Namun PSG tentu tidak ingin kehilangan Neymar dengan harga murah. 


Memangnya sekarang berapa valuasi Neymar? Mengutip CIES Football Observatory, saat ini banderol Neymar hampir turun setengahnya yaitu EUR 124,7 juta (Rp 1,97 triliun). 

Lantas, siapa pemain termahal saat ini? Apakah valuasinya melebihi Neymar kala didaratkan PSG? 

Berdasarkan perhitungan CIES, pemain termahal dunia saat ini adalah rekan setim Neymar di PSG, Kylian Mbappe. Bagi yang mau menggunakan jasa pemuda 20 tahun ini, CIES memperkirakan butuh duit EUR 252 juta atau nyaris Rp 4 triliun! 

Sebagai perbandingan, anggaran untuk Badan Pusat Statistik (BPS) dalam APBN 2019 adalah Rp 3 triliun. Biaya transfer seorang Mbappe bisa dipakai untuk membiayai operasional BPS selama setahun, dan masih ada kembalian Rp 1 triliun. 

Jika ada yang berani membayar sebesar itu, maka rekor Neymar sebagai pemain termahal dunia akan patah. Mbappe bakal menjadi pemain termahal di dunia. 

Bakat sebesar Mbappe tentu menarik banyak peminat, tetapi banderol sebesar itu mungkin membuat calon pelamar mundur teratur. Salah satu klub yang sempat dihubung-hubungkan dengan Mbappe adalah sang juara Eropa, Liverpool (Inggris). 

Mbappe beberapa kali memberi kode 'rayuan' kepada Si Merah. Pertama, Mbappe mengunggah foto bersama pemain bola basket LeBron James. King James adalah pemilik saham minoritas Liverpool. 

Kedua, dalam sebuah wawacana Mbappe mengatakan bahwa dia akan memilih Liverpool jika bermain video game sepakbola. Dia menilai Liverpool adalah tim yang bagus, dan Juergen Klopp adalah manajer yang menarik. 

Namun kalau harganya melebihi anggaran tahunan BPS, mohon maaf, Liverpool tentu tidak mampu...


TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading