Messi Jadi Atlet Terkaya di Bumi, Setelah Itu Siapa Lagi?

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
04 February 2020 14:42
Jakarta, CNBC Indonesia - Sepakbola bukan sekadar olahraga untuk membuat badan sehat. Jika Anda benar-benar berbakat, maka sepakbola bisa menjadi mata pencarian yang menjanjikan pendapatan selangit.

Di Indonesia saja, pemain sepakbola bisa mendapat bayaran mahal. Mengutip Transfermrkt, pemain termahal di Liga 1 saat ini adalah Brwa Nouri. Gelandang Bali United asal Irak itu ditaksir punya valuasi EUR 600.000 (Rp 9,1 miliar dengan kurs saat ini). Marko Simic, penyerang Persija Jakarta berkebangsaan Kroasia, menempati peringkat kedua dengan 'banderol' EUR 550.000 (Rp 8,35 miliar).

Baca: Saham Bali United Stagnan, Cermin Kusutnya Sepakbola Nasional


Kalau di Indonesia saja pemain sepakbola sudah bisa mendapat duit miliaran rupiah, maka di Eropa pasti lebih gila. Kiblat sepakbola dunia ini menempatkan sepakbola sebagai industri kelas paus.

Perbandingannya bak bumi dan langit. Jika Transfermarkt menaksir valuasi Liga 1 adalah EUR 60,88 juta (Rp 923,18 miliar), maka valuasi Liga Primer Inggris adalah EUR 9,68 miliar (Rp 146,79 triliun), termahal di dunia. La Liga Spanyol menempati urutan kedua dengan taksiran EUR 6,07 miliar (Rp 92,02 triliun).

Baca: Selamat Datang, Liga Termahal Dunia!

Bekerja di industri seglamor ini, pesepakbola di Eropa tentu mendapat bayaran yang amat tinggi. Bahkan atlet terkaya di muka bumi berasal dari cabang olahraga ini.


Trio Messi-Ronaldo-Neymar Jadi yang Terkaya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading