Gagal Sepakati Kontrak Baru, Messi-Barcelona Resmi 'Cerai'

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
06 August 2021 06:37
Soccer Football - La Liga Santander - FC Barcelona vs Leganes - Camp Nou, Barcelona, Spain - April 7, 2018   Barcelona's Lionel Messi celebrates scoring their first goal         REUTERS/Albert Gea

Jakarta, CNBC Indonesia - Selesai sudah bakti Lionel Andres Messi buat klub sepakbola raksasa Spanyol, FC Barcelona. Setelah habis kontrak pada 30 Juni 2021, kedua pihak gagal menyepakati perpanjangan.

"Meskipun klub dan pemain sudah mencapai kesepakatan dan akan menandatangani kontrak baru hari ini, tetapi itu tidak bisa terwujud karena hambatan finansial dan struktural," demikian bunyi pernyataan resmi di situs klub.


sepakbolaSumber: fcbarcelona.com

Oleh karena itu, Barcelona dan Messi terpaksa 'bercerai', pisah jalan. Kebersamaan selama 7.504 hari berakhir sudah.

Barcelona adalah Messi dan Messi adalah Barcelona. Bersama klub Katalunya, Messi meraih berbagai gelar yang hanya bisa diimpikan oleh jutaan pesepakbola di seluruh dunia.

Messi membawa Barcelona meraih 10 gelar La Liga Spanyol. Di level domestik, ada pula tujuh gelar Piala Raja (Copa del Rey) dan tujuh Piala Super Spanyol.

Di level Eropa, Messi ikut serta membawa Barcelona empat kali juara Liga Champions, plus tiga kali raihan Piala Super Eropa. Sementara di tingkat dunia, Barcelona dibawanya merengkuh tiga trofi Piala Dunia Antar-Klub.

Gelar individual Messi pun sangat mentereng. La Pulga enam kali dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia dan berhak atas Ballon D'Or. Ini adalah rekor terbanyak yang sepertinya sulit terpecahkan dalam waktu dekat. Messi juga enam kali meraih Sepatu Emas Eropa sebagai pencetak gol terbanyak dalam semusim di kompetisi sepakbola Benua Biru.

Saat kontrak Messi berakhir, Barcelona terus berupaya membujuk Messi untuk menandatangani kontrak baru. Bujukan itu berhasil, Messi bersedia meneken kontrak.

Namun sayang, karena masalah finansial dan struktural (yang tidak disebut secara detail) kesepakatan batal terwujud. Kini Messi harus mencari klub baru jika ingin meneruskan karier sebagai pesepakbola.


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading