Good Bye Barcelona, Messi Segera ke Paris Saint Germain

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 August 2021 07:30
Barcelona's Lionel Messi from Argentina celebrates after scoring a goal against Real Madrid during his La Liga soccer match at the Santiago Bernabeu stadium in Madrid, Saturday, May 2, 2009. (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lionel Messi telah resmi meninggalkan Barcelona. Klub tersebut mengumumkan bahwa mereka tak memperpanjang sang ikon karena tidak mampu membayar kontrak baru untuk memenuhi tuntutan gaji Messi yang tinggi.

Presiden Barcelona Joan Laporta mengatakan pada hari Jumat (6/8/2021) bahwa dia tidak siap untuk menempatkan klub dalam risiko dengan memperbarui kontrak Messi. Karena klub kini menghadapi masalah keuangan yang besar menjelang dimulainya La Liga pada 15 Agustus mendatang.


Laporta mengatakan bahwa Barcelona tidak lagi bernegosiasi dengan Messi. Penyerang berusia 34 tahun itu sedang mempertimbangkan tawaran dari klub lain.

"Pemain memiliki tawaran lain dan ada batas waktu karena La Liga segera dimulai dan dia perlu waktu untuk menilai opsi lainnya," kata Laporta seperti dikutip AFP.

Sementara itu, Lionel Messi dikabarkan akan menuju Perancis untuk bergabung dengan Paris Saint Germain (PSG).

Klub yang membeli Neymar dari Barcelona dengan rekor dunia 222 juta euro (US$264 juta) pada tahun 2017, tampaknya difavoritkan untuk mengontrak Messi menurut laporan di Prancis. Penyiar RMC Sport melaporkan bahwa Messi telah memberi tahu PSG tentang keinginannya untuk bergabung dengan klub

Kini, negosiasi sedang berlangsung. Kontrak akan berlaku dua tahun dengan opsi musim ketiga.

Le Parisien melaporkan bahwa ayah Messi dan perwakilan Jorge telah menghubungi PSG setelah menjadi jelas bahwa pemain tersebut tidak akan tinggal di Catalonia.

"Presiden kami sedang mencari cara untuk meningkatkan tim," kata pelatih PSG Mauricio Pochettino, rekan Messi dari Argentina, sebelumnya.

Selain PSG, Manchester City, yang berusaha mengontraknya tahun lalu, juga dikaitkan dengan kepindahan Messi.Namun manajer City, Pep Guardiola menepisnya.

"Saat ini itu tidak ada dalam pikiran kami, sama sekali tidak," ungkap Pep.

Kontrak Messi di Barcelona sebenarnya berakhir Juni. Ia dikatakan sudah setuju menurunkan bayarannya hingga 50%.

Ini karena aturan "financial fair play La Liga" yang membatasi keuangan tiap klub termasul Barca. Di mana untuk gaji pemain musim ini hanya dianggarkan 200 juta euro (Rp 3,3 triliun).

Jika Messi dipertahankan, banyak pemain yang harus dikeluarkan dari klub. Belum lagi utang Barcelona yang hampir mencapai 1,2 miliar euro, dengan lebih dari setengahnya harus dilunasi dalam jangka pendek.

Laporta mengatakan mereka menemukan kerugian klub untuk musim yang baru saja berakhir hampir 500 juta euro. Ini lebih dari dua kali lipat dari yang mereka harapkan.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading