Gaji 35 Juta Euro, Messi Bisa Beli Es Kopi Kekinian per Detik

Lifestyle - adf, CNBC Indonesia
11 August 2021 16:10
Lionel Messi tiba di Paris Saint Germain. (AP/Adrienne Surprenant)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mega bintang sepak bola Lionel Messi akhirnya berganti seragam klub setelah 21 tahun bersama Barcelona. Keputusan Messi untuk meninggalkan klub asal Catalan yang mengorbitkan namanya ke angkasa tersebut sontak membuat geger pecinta sepak bola di seluruh jagat.

Pria berumur 34 tahun ini lantas memilih klub kaya raya Perancis Paris Saint-Germain (PSG) sebagai pelabuhan barunya.

Setelah ditunggu-tunggu para fans yang antusias, sang peraih enam kali Ballon d'Or ini akhirnya mendarat bersama istri dan tiga anaknya di Paris, Perancis, pada Selasa (10/8/2021) waktu setempat.


Lionel Messi tiba di Paris Saint Germain. (AP/Adrienne Surprenant)Foto: Lionel Messi tiba di Paris Saint Germain. (AP/Adrienne Surprenant)
Lionel Messi tiba di Paris Saint Germain. (AP/Adrienne Surprenant)

 

Setelah mendarat, ia kemudian melambai kepada ratusan pendukungnya yang berkumpul di luar bandara sebelum dibawa ke salah satu rumah sakit swasta untuk pemeriksaan medis.

Kemudian, pria dengan empat trofi Liga Champions ini mengunjungi markas PSG, Parc Des Princes, sembari memamerkan jersey Le Parisien dengan nomor punggung 30--nomor yang ia pakai saat pertama kali berkostum Barcelona.

Pria bernama lengkap Lionel Andres Messi ini dikabarkan akan dikontrak selama dua tahun dengan total gaji mencapai € 35 juta atau setara dengan Rp 591,43 miliar (asumsi kurs Rp 16.898,03/€) per tahun setelah pajak, dengan opsi perpanjangan semusim. Menurut data Football For All, dengan gaji ini, Messi menjadi pemain PSG dengan bayaran tertinggi, berada di atas bintang Brazil Neymar (€ 30 juta) dan bintang Perancis Mbappe (€ 24 juta).

Dengan gaji tersebut, kira-kira berapa Gaji suami Antonela ini, katakanlah, dalam sedetik?

Mari kita bikin hitung-hitungan secara kasar. Dengan gaji senilai € 35 juta per tahun, Messi akan menggondol € 2,92 juta (Rp 49,28 miliar) per bulan, meraup € 673 ribu per pekan (Rp 11,37 miliar), mengantongi € 96 ribu dalam sehari (Rp 1,62 miliar). Kemudian, dalam sejam, Messi bisa mengumpulkan pundi-pundi sebesar € 3.995 (Rp 67,51 juta), 'cuan' € 66,59 (Rp 1,12 juta) per menit. Dan, per detik Messi akan mendapatkan € 1,1 (sekitar Rp 18.700-an).

Dalam sehari, Messi bisa membeli satu unit mobil listrik besutan miliarder nyentrik Elon Musk, Tesla Model 3 yang dibanderol mulai dari Rp 1,5 miliar. Kalau per detik? Tiap detik Messi bisa dengan santai membeli satu cup es kopi kekinian yang biasanya dijual di rentang harga Rp 18 ribuan.

Sebelumnya, kabar Messi akan membela klub yang dinahkodai pengusaha taji asal Qatar Nasser Al-Khelaïfi sejak 2011 ini semakin mendekati kenyataan setelah jurnalis sepak bola asal Italia Fabrizio Romano, yang seringkali menjadi rujukan dalam urusan transfer pemain, menuliskan kalimat magisnya "Here we go" di akun pribadi Twitter dan Instagramnya.

Kalimat tersebut akan dikeluarkan Fabrizio ketika negosiasi transfer suatu pemain sudah ditahap deal.

Hal itu dikonfirmasi Jorge kepada La Sexta seperti dikutip akun Twitter Fabrizio Romano, Selasa (10/8/2021).

Dok. Tangkapan Layar via Twitter @FabrizioRomanoFoto: Dok. Tangkapan Layar via Twitter @FabrizioRomano
Dok. Tangkapan Layar via Twitter @FabrizioRomano

 

"Iya, Leo akan menandatangani kontrak bersama PSG hari ini," katanya.

Sebelumnya, Fabrizio melaporkan Messi sudah menyepakati kontrak kerja sama dengan PSG. Menurut dia, Messi akan menandatangani kontrak dua tahun senilai 35 juta euro per tahun sudah termasuk add ons. Adapun secara net, Messi akan mengantongi 25 juta euro per tahun. Ada pula opsi perpanjangan kontrak hingga Juni 2024.

"Messi telah menerima proposal kontrak PSG dan akan berada di Paris beberapa jam ke depan," tulis Fabrizio.

Dalam keterangannya, Messi mengatakan bahwa dirinya sangat antusias untuk menghadapi musim baru dengan seragam barunya ini.

"Saya bersemangat untuk memulai babak baru dalam karir saya di Paris Saint-Germain," kata Messi dikutip AFP, Rabu (11/8/2021).

"Saya bertekad untuk membantu membangun sesuatu yang istimewa bagi klub dan para penggemar, dan saya tak sabar untuk melangkah ke lapangan di Parc des Princes."

Kedatangan top skor sepanjang masa Barcelona ini disebut meningkatkan ambisi PSG, yang dimiliki Qatar, untuk memenangkan Liga Champions Eropa.

"Tentu saja ambisi kami sebagai klub adalah untuk melakukan hal seperti itu," kata Presiden PSG Nasser Al-Khelaifi.

Messi sudah membela Blaugrana--julukan Barcelona--sejak tim junior, tepatnya pada 2000. Messi telah membuat 778 penampilan untuk Barcelona, mencetak 672 gol yang telah membantu mengamankan 10 gelar liga, empat Liga Champions dan tiga Piala Dunia Antar Klub di antara koleksi 35 trofinya.

Messi telah memenangkan Ballon d'Or enam kali dan memegang rekor sepanjang masa Barca untuk penampilan dan gol.


[Gambas:Video CNBC]

(adf/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading