Forbes Bantah Kanye West Orang Kulit Hitam Terkaya di AS

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 March 2021 14:35
Kanye West makes his first presidential campaign appearance, Sunday, July 19, 2020 in North Charleston, S.C. Rapper Kanye West, in his first event since declaring himself a presidential candidate, delivered a lengthy monologue Sunday touching on topics from abortion and religion to international trade and licensing deals. Whether he's actually seeking the nation's highest office remains a question. (Lauren Petracca Ipetracca/The Post And Courier via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa media telah melaporkan bahwa Kanye West adalah orang kulit hitam terkaya di Amerika Serikat. Ia disinyalir memiliki kekayaan senilai US$ 6,6 miliar atau sekitar Rp 95 triliun (asumsi kurs Rp 14.400 per US$).

Kabar tersebut muncul setelah adanya kesepakatan merek sepatunya Yeezy dengan Gap, ditetapkan sebesar US$ 970 juta (Rp 13,9 triliun). Namun nyatanya, produk tersebut belum terjual satu pun.

Publikasi tersebut menyebutkan adanya tambahan aset sebesar US$ 1,7 miliar, tanpa menjelaskan secara rinci.


"Laporan bahwa selebriti itu bernilai hampir US$ 7 miliar didasarkan pada pemikiran ajaib seputar penjualan yang belum ada. Inilah mengapa dia saat ini bernilai kurang dari sepertiga dari itu," demikian kutipan Forbes dalam situs mereka.

Menanggapi klaim bahwa West sekarang adalah orang kulit hitam terkaya di Amerika, Forbes mengatakan bahwa laporan itu tidak benar. Kekayaan rapper Kanye West diduga hanya ada sepertiga dari jumlah yang baru-baru ini dilaporkan, menurut Forbes, atau hanya sebesar US$ 1,8 miliar (Rp 25 triliun).

"Forbes memperkirakan kekayaannya kurang dari sepertiga, atau US$ 1,8 miliar. Itu lompatan besar dari Mei lalu ketika Forbes pertama kali mematok kekayaan bersihnya menjadi US$ 1,3 miliar, tetapi tidak sebanyak yang diklaim US$ 6,6 miliar," papar Forbes.

Robert F. Smith dari Vista Equity masih tetap menjadi orang kulit hitam terkaya di AS, dengan kekayaan sekitar US$ 6 miliar, sementara Aliko Dangote dari Nigeria, senilai US$ 11,8 miliar, adalah orang kulit hitam terkaya di dunia, mengutip nme.com.

Perkiraan Forbes, kekayaan bersih Kanye sebesar US$ 1,8 miliar, dengan US$ 1,5 miliar di antaranya berasal dari merek Yeezy, US$ 160 juta dalam bentuk tunai dan aset, dan katalog musik senilai US$ 90 juta.

Dalam berita Kanye West lainnya, rapper tersebut memenangkan penghargaan Grammy ke-22 awal pekan lalu (14 Maret), mengikat Jay-Z untuk penghargaan terbanyak untuk artis hip-hop. West memenangkan Album Musik Kristen Kontemporer Terbaik untuk 'Jesus Is King' 2019.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading