Messi 'Jual Diri' Tapi Yakin Ada yang Mampu 'Beli'?

Lifestyle - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
29 August 2020 22:34
Barcelona's soccer player Lionel Messi holds the trophy of the Golden Ball award ceremony in Paris, Monday, Dec. 2, 2019. Messi won the Ballon d'Or for sixth time. (AP Photo/Francois Mori)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pesebak Bola Lionel Messi kini menjadi buah bibir. Terutama jika ia memutuskan untuk meninggalkan Barcelona.

Pertanyaan muncul. Kemana kira-kira dia akan pergi?

Prioritas Messi adalah membawa kemenangan di Camp Nou. Tapi musim terakhirnya justru mengecewakan.



Tidak hanya tanpa trofi, kekacauan juga terjadi. Bahkan berakhir dengan sejumlah 'kekacauan'.

Ini membuat gosip tersebar soal kemungkinan ia pergi. Tapi adakah yang sanggup membeli?




Messi adalah salah satu pemain termahal dunia saat ini. Mengutip Forbes, pesepak bola asal Argentina yang kini tinggal di Castelldefels, Spanyol ini memiliki pendapatan US$ 104 juta (Rp 1,52 triliun).

Pesepak bola berusia 33 tahun ini juga telah dianugerahi Pemain Terbaik FIFA dan Sepatu Emas Eropa sebagai pencetak gol terbanyak di benua itu sebanyak enam kali. Sebanyak 438 gol, termasuk 36 hattrick untuk Barcelona, adalah rekor klub dan La Liga.

Ditulis AFP, Bayern Munich mungkin adalah kekuatan unggulan di Eropa saat ini. Tapi mereka tidak mungkin mampu membeli Messi,  dengan gaji pokok sekitar 60 juta euro per tahun.

Hal yang sama berlaku untuk Liverpool asuhan Jurgen Klopp, serta Juventus. Juve misalnya sudah keluar uang banyak karena mendatangkan Cristiano Ronaldo dua tahun lalu.

Apalagi transfer Ronaldo belum memberikan Juve kesuksesan di Eropa seperti yang mereka harapkan. "Beberapa calon pelamar Messi gugup," tulis media itu.

Madrid, sementara itu, sangat ingin memberi penghargaan kepada Messi. Tetapi, tulis AFP, akan sulit bagi Messi menghancurkan keluarganya jika toh nanti bertemu dalam pertandingan.

Harapan yang mungkin saja bisa membawa Messi pergi adalah Manchester United atau Chelsea. Namun mungkin juga hanya Paris Saint-Germain, Manchester City dan Inter Milan yang secara menyakinkan mengajukan penawaran padanya.

"City akan menjadi favorit," tulis media ini. "Tapi klub itu selalu melangkah hati-hati."

Sementara itu, Mantan agen Messi, Josep Maria Minguella memiliki pandangan tersendiri soal Messi. Menurutnya, ia sangat mungkin tak akan pergi dari Barcelona.

"Banyak yang memikirkan tentang pindah ke Serie A sekarang ini ... karena CR7 sudah ada di sana, saya pikir Bianconeri tidak mengejar (Messi])" lanjut Minguella.

"Masih banyak lagi peluang Messi akan bertahan di Barcelona sampai 2021, ketika kontraknya berakhir daripada pergi di tahun ini."

"Barcelona sudah memutuskan dan saya yakin mereka akan mempertahankan pilihan itu sampai akhir."



[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading