Obama: Dulu Saya Miskin, Banyak Utang, Tak Bisa Nonton Basket

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 May 2020 12:39
Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama memberikan hadiah natal kepada pasien anakdi Children's National Medical Center, di Washington DC, Amerika Serikat (AS). (Chuck Kennedy for the Obama Foundation)
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam serial film dokumenter "The Last Dance" yang menceritakan tentang karir legenda basket Michael Jordan, tersinggung sedikit tentang kisah mantan Presiden AS Barrack Obama yang mengaku sangat miskin untuk menonton pertandingan basket.

Michale Jordan adalah idola basket saat itu, saat ia bertanding bersama tim-nya Chichago Bulls yang bisa menarik ribuan penonton.

Salah satu warga Chicago yang ingin melihat aksi Michael Jordan adalah mantan Presiden AS Barack Obama.


Barack Obama pun mengaku kesulitan mendapat tiket pertandingan Bulls sejak Jordan bergabung dengan tim. Kala itu, Barack Obama muda baru saja lulus dari Universitas Columbia dan pindah ke Chicago untuk bekerja dengan Proyek Masyarakat Berkembang. 


"Ketika Michael pertama kali datang ke kota, saya tidak punya uang untuk membeli tiket pertandingan Bulls, bahkan yang diskon pada hari itu. Saya dulu miskin banget," kenang mantan presiden AS itu, dilansir dari CNBC Internasional, Senin (11/5/2020).




Pada awal 80-an, Obama memiliki utang pinjaman untuk biaya kuliahnya. Utangnya semakin banyak saat ia mengambil pinjaman demi menuntut ilmu di Harvard Law School dari 1988-1991.

Obama dan istrinya Michelle, yang juga menghadiri Harvard Law, berutang total US$ 120.000 untuk biaya kuliah mereka. 

 "Kami tidak berasal dari keluarga kaya. Ketika kami lulus dari sekolah tinggi dan sekolah hukum, kami memiliki segunung utang.  Ketika kami menikah, kami menjadi miskin bersama," cerita Obama.

Selama bertahun-tahun, Obama hidup hemat sebagai siswa yang kekurangan uang.  Dia mengendarai mobil Datsun kuning usang dengan lubang berkarat, empat inci di bawah mobil.

Kisah tersebut juga diungkapkan mantan Ibu Negara dalam bukunya Becoming. Dimana dalam lubang tersebut, dia bisa melihat trotoar yang ada di bawahnya.

Pasangan itu belum melunasi utangnya sampai mereka berusia 40-an. Obama, yang menjadi presiden ketika dia berusia 47 tahun, sekarang memiliki kekayaan bernilai jutaan dolar, berkat buku dan royalti Netflix.  

Kekayaannya ditambah lagi setelah meninggalkan gedung putih. Obama tetap berada di daftar gaji pemerintah dan mendapatkan pensiun tahunan sekitar US$ 200.000.

Sekarang, dengan uang yang dimiliki, Obama bisa gampang dapat tiket untuk menonton aksi Chicago Bulls di lapangan. Tapi, ia sudah tak bisa melihat Michael Jordan beraksi lagi.


[Gambas:Video CNBC]




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading