Obama Ungkap Kesalahan Utama yang Sering Dilakukan Pemimpin

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 December 2020 11:32
Mantan Presiden AS kampanye Barack Obama untuk Demokrat, Senator AS Bill Nelson dan dan kandidat gubernur Andrew Gillum di Miami, Florida, AS 2 November 2018. REUTERS / Joe Skipper

Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah bergaul dengan beberapa orang paling berkuasa di dunia. Dia pun telah melihat beberapa di antaranya yang baik dan buruk dalam hal kepemimpinan.

Beberapa waktu lalu, Obama mengatakan kepada bintang NBA Stephen Curry yakni salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh para pemimpin menurutnya adalah bahwa mereka berpikir menjadi seorang pemimpin adalah 'Bagaimana saya mendominasi dan tetap di atas orang lain?'

"Jika Anda memiliki pendekatan seperti itu, organisasi Anda atau apa pun itu, tidak akan sebaik yang seharusnya," kata Obama, seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (08/12/2020).


Menurutnya, memiliki pola pikir untuk mendominasi akan mencegah pemimpin mana pun untuk menciptakan ikatan yang erat dengan karyawan dan kolega, yang dibutuhkan ketika terjadi kesalahan.

Sebaliknya, kunci kepemimpinan adalah mencari tahu bagaimana memberdayakan orang-orang di sekitar Anda dan membantu mereka sukses. Keberhasilan mereka juga baik untuk Anda.

"Dan omong-omong, mereka akan merasa nyaman dengan kepemimpinan Anda, karena mereka melihat Anda berinvestasi dalam kesuksesan mereka," kata Obama kepada Curry.

Kesalahan lain menurut Obama adalah bahwa mereka berpikir pemimpin yang baik dilahirkan seperti itu. Namun pada kenyataannya, kepemimpinan adalah, seperti hal lainnya, yaitu keterampilan. Dan menurutnya ada banyak cara berbeda untuk melakukannya.

Obama sendiri mengakui bahwa dia tidak selalu sempurna untuk menjadi seorang pemimpin. Namun selama bertahun-tahun, dia belajar bahwa hal terbaik No.1 yang dapat Anda lakukan sebagai seorang pemimpin adalah mengatur nada dalam hal budaya sebagai sebuah tim.

"Apakah tim itu tim bola basket atau bisnis atau administrasi. Nilai-nilai apa yang Anda atur sendiri? Jelas tentang apa nilai-nilai Anda sebagai organisasi, itu bagian dari kepemimpinan," katanya.

Obama mengatakan, alasan dia menulis memoar barunya, "a Promised Land", adalah untuk mendorong lebih banyak orang mengambil peran kepemimpinan, terutama di pemerintahan.

"Tempatkan diri Anda di luar sana, masuk ke arena, ambil gambar Anda. Itu tidak akan sempurna, Anda tidak akan mendapatkan semua yang Anda inginkan tetapi Anda akan memiliki kekuatan lebih dari yang Anda pahami jika Anda membiarkannya terlihat dan mengambil risiko," papar dia.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading