Sesama Wanita Suka Bersaing Tak Sehat? Ini Kata Sri Mulyani

Lifestyle - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 December 2020 10:55
Forum Diskusi Sektor Finansial denganl tema

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani membagikan sejumlah wejangan mengenai peran perempuan dan kehidupan. Dia pun turut memberi saran kepada perempuan, terutama perempuan pekerja agar tetap saling membantu dan bersaing dengan sehat.

Hal ini menurutnya karena kini ada stigma kurang baik soal perempuan, terutama mengenai persaingan yang tidak sehat.


"Sesama perempuan pasti berantem, mereka bersaing kurang bagus. Di tempat kerja juga sama, bos yang perempuan ada perempuan lain nggak suka aja, kayak ngerasa saingan," kata dia, dalam acara Girls Leadership Class, Minggu (20/12/2020).

Menurutnya, sesama perempuan harus saling mendukung. Tak lupa, dia meminta seluruh peserta acara untuk menghilangkan sikap kurang baik tersebut.

Selain itu, dia juga memberi wejangan mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin. Menurutnya, saat menjadi pemimpin, seseorang harus bisa memimpin diri sendiri terlebih dahulu.

"Bisa mengontrol pikiran dan hati kalian. Kalau berantakan, nggak bisa memimpin orang lain. Itu paling sulit, karena diri sendiri saja manja banget," ungkapnya.

Saat berbincang dengan salah satu peserta Girls Leadership Class, dia menyatakan bahwa menjadi kuat bukan berarti tidak menangis. Menurutnya, hal tersebut mekanisme untuk mengekspresikan emosi dan tidak berarti menjadi seseorang yang rapuh atau mudah dihancurkan.

Menurutnya, saat emosi itu dikeluarkan, seseorang akan menjadi lebih kuat lagi.

"Aku bilang kalau strong tidak berarti nggak nangis ya. Sama seperti saya mudah terharu, hati saya itu rapuh. Saya apa saja nangis, melihat film aja nangis. Kalau orang cepat nangis, bukan berarti lemah," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading