Jaga Imunitas Tangkal Corona, Jangan Lupa Berjemur!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
23 March 2020 14:34
Jaga Imunitas Tangkal Corona, Jangan Lupa Berjemur!
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang melakukan berbagai cara untuk menjaga sistem imunitas tubuh di tengah wabah corona. Selain tidur cukup, makan teratur, asupan sinar matahari bagi tubuh juga dibutuhkan. 

Namun Benarkah berjemur terbukti ampuh menangkal virus corona?  Dr. Vinci Edi Wibowo yang merupakan Dokter Spesialis Paru mengatakan bahwa berjemur di bawah sinar matahari dapat menangkal diri dari virus corona atau COVID-19.

Meski begitu, kita tetap tidak boleh melupakan pencegahan dasar dengan mencuci tangan dan menggunakan APD. Serta melakukan social distancing  dan menyarankan agar tidur cukup.

"Fisiknya kita menjaganya (imunitas tubuh) dengan standar pakai masker dan hand sanitizer. Social distancing juga dilakukan untuk menghalau terinfeksi virus corona," kata dr Vinci saat diwawancara dengan CNN Indonesia, beberapa waktu lalu.



Kendati belum ada hasil yang valid tentang penelitian berjemur, dia sangat yakin bahwa penelitian dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ini dibuktikan pada orang-orang  yang sering kerja diluar ruangan sangat jarang terkena sakit.

Adapun manfaat lain dari berjemur di bawah sinar matahari yakni dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Vinci menegaskan bahwa intinya berjemur di bawah sinar matahari yang terik.

Ia mengatakan matahari terik biasanya terdapat pada pukul 8.00 pagi hingga pukul 4.00 sore.

"Matahari terik itu di atas jam 8.00 (pagi), Ya di jam 12.00 pun kalau mau bisa, sampai jam 4.00 sore," ucap dia.






[Gambas:Video CNBC]




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading