Boyong 4 Piala Oscar, Ini Sederet Prestasi Film 'Parasite'

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar , CNBC Indonesia
10 February 2020 12:47
Boyong 4 Piala Oscar, Ini Sederet Prestasi Film 'Parasite' Foto: Parasite Pemenang Oscar 2020 Kategori Film Terbaik. (AP Photo/Chris Pizzello)
Jakarta, CNBC Indonesia - Parasite menjadi film pertama asal Korea Selatan dan bahkan Asia yang berhasil memenangkan piala Oscar 2020 untuk kategori Best Picture.

Sebelumnya Parasite sudah membawa pulang piala Academy Award Ke-92 lewat kategori Best Original Screenplay, International Feature Film (Foreign Language Film), serta Best Director. Ada 4 total piala yang didapatkan oleh film besutan Bong Joon-Ho ini.

Diberikan standing ovation oleh seluruh tamu yang hadir, produser Kwak Sin-Ae memberikan pidato kemenangannya. Panggung juga dipenuhi oleh para pemain dan kru film Parasite, seperti para pemain Song Kang-Ho, Lee Sun-Kyun, Cho Yeo-Jeong, Choi Woo-Shik, Park So-Dam, dan Lee Jung-Eun, serta Chang Hyae-jin.


Dalam Oscar 2020, Parasite masuk enam nominasi yakni Best International Feature Film (Foreign Language Film), Best Director, Best Original Screenplay, Best Picture, Best Film Editing, serta Best Production Design.




Sebelumnya, Parasite berhasil merebut penghargaan untuk kategori Best Original Screenplay dalam ajang Piala Oscar 2020. Penghargaan ini menempatkan Parasite sebagai karya sineas Korea Selatan pertama dalam sejarah yang memenangi kategori tersebut.


Parasite mengalahkan sutradara kenamaan Hollywood, seperti Quentin Tarantino yang menulis naskah film Once Upon a Time... In Hollywood. Juga mengalahkan naskah film Marriage Story, Knives Out, dan 1917.


Dalam kategori International Feature Film (Foreign Language Film), Parasite mengalahkan film Pain and Glory (Spanyol), Les Misérables (Prancis), Honeyland (Republik Makedonia Utara), dan Corpus Christi (Polandia).




Sebelum menyabet empat piala Oscar, Parasite juga memenangi penghargaan Original Screenplay selain Film Not In The English Language dalam ajang British Academy of Film and Television Arts (BAFTA).


Parasite merupakan film Korea kedua yang berhasil membawa pulang piala Best Film Not in the English Language dalam BAFTA sepanjang sejarah. Piala itu pertama kali dibawa pulang Korea Selatan lewat film The Handmaiden karya Sutradara Park Chan-Wook pada 2018.


Selain itu, Sutradara Bong Joon-Ho juga memenangkan International Film Festival Rotterdam (IFFR) Audience Award yang juga dikenal dengan BankGiro Loterij Audience Award.



Jauh sebelum itu, Parasite sempat memenangkan Palme d'Or di Festival Film Cannes 2019 dan menjadi film Korea Selatan pertama yang mendapatkannya. Pada Golden Globe Awards ke-77, Parasite juga dinominasikan untuk tiga penghargaan termasuk Sutradara Terbaik dan Skenario Terbaik, dan memenangkan Film Berbahasa Asing Terbaik, menjadi film Korea pertama yang mencapai prestasi tersebut.


Parasite juga menjadi film asing kedua yang pernah dinominasikan untuk Screen Actors Guild Award untuk Penampilan Luar Biasa oleh Cast in a Motion Picture sejak film Life Is Beautiful tahun 1997. Parasite akhirnya memenangkan kategori tersebut, dan menorehkan sejarah perfilman Korea di kancah internasional.


Kisah Parasite sendiri menggambarkan kesenjangan sosial dan ekonomi dua keluarga. Adalah Kim Ki Taek (Song Kang-ho) tinggal di sebuah rumah sempit bawah tanah bersama istrinya, Choong Sook (Jang Hye-jin) dan kedua anaknya, Ki-woo (Cho Woo-shik) dan Ki-heong (Park So-Dam). Mereka bertahan hidup dengan melipat kotak pizza.


Suatu hari teman Ki-woo menawarkan pekerjaan untuk menjadi guru les bahasa Inggris sebuah keluarga kaya raya. Ki-woo awalnya ragu, namun karena butuh uang akhirnya ia terima pekerjaan tersebut. Ketika dia menerima pekerjaan ini, keluarga ini langsung mengalami petualangan yang tidak mereka duga.



[Gambas:Video CNBC]




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading