Raih 24 Nominasi, Netflix Jadi Raja dan Cetak Sejarah Oscar!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 January 2020 12:31
Raih 24 Nominasi, Netflix Jadi Raja dan Cetak Sejarah Oscar!
Jakarta, CNBC Indonesia - Netflix kembali mencetak sejarah dan rekor, film-film produksi layanan streaming ini meraih 24 nominasi gelaran Academy Award yang diumumkan Senin kemarin. 

Capaian tersebut bahkan mengalahkan studio-studio besar lainnya seperti Disney dan kawan-kawan. Dominasi Netflix di ajang penghargaan film terbesar ini sekaligus memberikan tanda bahwa terdapat pandangan baru dari Academy soal film-film layanan streaming. 

Film-film Netflix yang masuk nominasi Oscar antara lain adalah film karya Martin Scorsese 'The Irishman' dengan 10 nominasi, disusul oleh Marriage Story dengan enam nominasi, The Two Popes tiga nominasi, dan film animasi 'Klaus' yang akan bersaing dengan Toy Story 4 untuk kategori film animasi terbaik. 


Selain itu, Netflix mendapatkan nominasi untuk dua film dokumenter fitur American Factory dan The Edge of Democracy dan satu film dokumenter pendek Life Overtakes Me.


[Gambas:Video CNBC]



Jalan Netflix ke Oscar tidaklah mudah. Layanan streaming ini sebelumnya bahkan berselisih dengan pembuat film, pemilik teater, dan Akademi. Sampai-sampai pada April lalu, Departemen Kehakiman AS turun tangan dan mengingatkan pihak Academy untuk tidak merubah aturannya yang bisa membatasi karya-karya film yang ditayangkan di layanan streaming seperti Netflix, HBO, dan lainnya. Aturan baru tersebut dinilai bisa melanggar undang-undang yang memastikan adanya persaingan yang sehat. 




Namun, di masa lalu, titik terbesar bagi Netflix adalah seteru dengan pemilik teater. Secara tradisional, studio-studio Hollywood, dan bahkan Amazon, telah menyetujui 90 hari rilis jendela teater, yang berarti film harus diputar di bioskop selama sekitar tiga bulan sebelum tersedia di video-on-demand atau di situs atau aplikasi layanan streaming.


Netflix tidak pernah tertarik untuk menghasilkan uang di box office. Alih-alih, ini tentang gengsi dan memenangkan pelanggan. Untuk mencapai ini, Netflix harus memutar filmnya di bioskop setidaknya untuk waktu yang singkat. Aturan Academy untuk kelayakan mengharuskan penayangan film setidaknya selama tujuh hari berturut-turut di teater komersial di Los Angeles County.



Film ini juga harus ditayangkan setidaknya tiga kali sehari, dengan setidaknya satu pemutaran antara jam 6 malam dan jam 10 malam. Roma tahun 2018 adalah film pertama Netflix yang dinominasikan untuk film terbaik. Walaupun film ini tidak menang, film ini mengambil fitur internasional terbaik, sutradara terbaik, dan penghargaan sinematografi terbaik.





Penghargaan semacam ini tidak hanya membuktikan bahwa Netflix dapat membuat konten berkualitas, seperti studio tradisional, tetapi juga membantu meyakinkan pemilik teater independen untuk mengizinkan film Netflix di masa depan diputar di bioskop mereka.

Tentu saja, mendapatkan nominasi terbanyak bukan berarti Netflix akan pulang dengan penghargaan terbanyak. Pada bulan Desember, layanan streaming meraih nominasi Golden Globe paling banyak yakni 17 tetapi hanya memenangkan dua penghargaan.

Tidak jauh di belakang hitungan nominasi Netflix adalah Disney, yang mencetak 23 nominasi pada hari Senin. Fox Searchlight mendapatkan enam nominasi untuk Taika Waititi "Jojo Rabbit" dan 20th Fox Fox mengumpulkan empat dari "Ford v. Ferrari." Selain itu Disney mendapatkan nominasi untuk "Toy Story 4," "The Lion King," "The Avengers: Endgame," "Maleficent: Mistress of Evil" dan "Star Wars: The Rise of Skywalker."

Raih 24 Nominasi, Netfliz Jadi Raja dan Cetak Sejarah Oscar!Foto: Star Wars 'The Rise of Skywalker' (Dok. Ist)


Sony juga memiliki daya angkut yang bagus. Studio ini menerima 20 nominasi untuk film-film yang mendapat pujian kritis seperti Once Upon a Time in Hollywood, Little Women dan Pain and Glory.

Meskipun bukan pemimpin nominasi keseluruhan, Warner Bros memperoleh perbedaan karena memiliki film yang paling banyak dinominasikan tahun ini. Seperti Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix dan memiliki 11 nominasi termasuk sutradara terbaik, aktor terbaik, dan film terbaik. Studio ini juga memiliki satu nominasi untuk aktris pendukung terbaik untuk Kathy Bates di Richard Jewell.

Universal akhirnya mencetak 13 nominasi, 10 di antaranya berasal dari film Perang Dunia I Sam Mendes 1917. Ia juga mendapat tempat di pemungutan suara fitur animasi dengan DreamWorks Animation di film How To Train Your Dragon: Hidden World dan film Focus Feature-nya. Serta film Harriet meraih dua nominasi.


Neon yang berbasis di New York mencetak delapan nominasi, enam di antaranya berasal dari film Korea Selatan Parasite dan Lionsgate yang berbasis di Santa Monica memperoleh empat nominasi untuk Bombshell dan Knives Out.

Gelaran Academy Awards akan berlangsung pada 9 Februari di Dolby Theatre di Los Angeles.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading