Film Parasite Mustahil Sukses Tanpa Perempuan Kaya Ini

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
14 February 2020 12:16
Ada sosok perempuan kaya raya di balik suksesnya Parasite, yakni Miky Lee dari konglomerat CJ Group
Jakarta, CNBC Indonesia - Nama Miky Lee atau Mie Kyung Lee mungkin terdengar asing, namun ia adalah perempuan dibalik kesuksesan dunia hiburan Korea Selatan. Miky, yang kini berusia 61 tahun, berhasil membangun jaringan bioskop pertama dan kini terbesar di Korea, bahkan dunia.

Kesuksesan film Parasite yang menerima Palme d'Or di Cannes 2019, dan baru-baru ini memenangkan 4 piala Oscar, termasuk kategori Best Picture di Academy Awards ke-92 juga tidak luput dari campur tangan Miky.




Sebagai wakil ketua konglomerat Korea CJ Group, Miky mengawasi bisnis yang hampir mencakup keseluruhan hiburan dan media di negeri ginseng tersebut. Hampir semua rantai industri film, televisi, dan musik dikuasai oleh CJ Group.

CJ Group bahkan terlibat dalam produksi, pembiayaan, perizinan, distribusi, dan bahkan pameran serta penayangan. Upaya Miky ini menciptakan infrastruktur untuk industri hiburan Korea secara keseluruhan, sambil memberikan fondasi bagi para seniman lokal untuk berkembang dan memperlihatkan karya di kancah internasional.

[Gambas:Video CNBC]



"Wakil ketua Miky Lee sendiri adalah penggemar berat film, TV, dan musik. Dia benar-benar seorang penggemar hiburan sejati yang telah menonton begitu banyak film dan berhasil membawa gairah fanatik itu ke dunia bisnis," ujar Bong Joon-Ho, seperti dikutip dari The Hollywood Reporter.

Produksi beberapa film besutan Bong Joon-Ho seperti Memories of Murder, Mother, Snowpiercer, dan Parasite dibiayai dan didistribusikan oleh CJ Entertainment.

Jika Anda melihat gelaran Oscar beberapa hari lalu, Miky tampil di akhir untuk mengucapkan terima kasih kepada para penonton Korea Selatan. "Ini untuk Anda, penonton Korea Selatan yang selalu memberikan masukan berarti buat kami," kata Miky.

CJ Corp adalah konglomerasi di bidang ritel dan hiburan yang masih memiliki hubungan darah dengan Grup Samsung meskipun berbeda entitas.

Di Indonesia, CJ Corp terkenal lebih dulu di Indonesia ketika masuk ke Indonesia dan membangun pabrik penyedap rasa Mi-Pung pada 1990 dan mengakuisisi pemilik jaringan bioskop Blitz-Megaplex yaitu PT Graha Layar Prima Tbk (BLTZ) pada 2014. Saat ini, perusahaan itu juga berhasil mengembangkan jaringan ritel roti Tous les Jours.


Pada Juli 2010, CJ Corp menjejakkan langkah pertamanya di Amerika Serikat dengan satu bioskop di Los Angeles, dan yang kedua di kota yang sama pada 2017 silam.



(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading