Stop Langganan Netflix Bisa Jadi Cara Bebas Utang?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 January 2020 13:01
Stop Langganan Netflix Bisa Jadi Cara Bebas Utang?
Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu masalah finansial yang membuat stres adalah utang. Meski begitu utang atau pinjaman menjadi solusi akhir ketika seseorang menutupi kebutuhan mendesak. 


Menurut survei terbaru oleh Tally, menyebut lebih dari setengah atau 52% mengatakan bahwa mereka tidak akan menyerah memiliki ponsel impian mereka, 49% mengatakan mereka tidak akan menyerah memiliki mobil dan 34% tidak akan berpantang makan makanan enak.


Survei itu dilakukan dengan bertanya lebih dari 2.000 orang dewasa AS (1.500 di antaranya saat ini memiliki utang keuangan) yang produk atau layanan mereka tidak mau berkorban selama satu tahun untuk dibebaskan dari utang mereka.


Tally juga menemukan bahwa 30% ingin mempertahankan layanan streaming mereka dan 28% akan menolak untuk melepaskan liburan selama 12 bulan, bahkan jika itu berarti memiliki 100% dari utang mereka dilunasi.

Tetapi jika menjadi bebas dari utang menduduki peringkat teratas dalam daftar prioritas Anda, Anda mungkin perlu serius tentang apa yang Anda tinggalkan untuk mencapai tujuan Anda.

"Orang-orang perlu berpikir, permainan panjang. Ini adalah maraton yang dimenangkan melalui disiplin dan konsistensi," kata Douglas Boneparth, presiden dan pendiri Bone Fide Wealth kepada CNBC Make It.

Jika Anda termasuk ke dalam golongan orang yang ingin terbebas utang atau melunasinya di 2020, berikut adalah tips dari ahlinya dilansir CNBC Make It.



1. Makan terus menerus

Meskipun 34% orang Amerika mengatakan mereka tidak akan mengorbankan makanan untuk menjadi bebas dari utang, para ahli mengatakan mereka harus mempertimbangkan kembali makan di luar.

Jika Anda menghabiskan $ 10 untuk sarapan dan $ 15 untuk makan siang, itu adalah $ 125 per minggu. Pada akhir tahun, lebih dari $ 6.000 dihabiskan untuk makan di luar.

"Jika Anda ingin mengantongi makan siang Anda dan mengurangi setengah dari pengeluaran Anda, itu akan menjadi total $ 3.000 yang dihemat setiap tahun," kata Ryan Marshall, perencana keuangan bersertifikat di Ela Financial Group.

Menurutnya, bagi mereka yang makan malam dan juga pada akhir pekan, masalahnya hanya menjadi lebih buruk.

2. Langganan bulanan

Ketika datang untuk menghemat uang, tempat yang baik untuk memulai adalah dengan meninjau berapa banyak langganan bulanan yang Anda lakukan sekaligus.

"Semua orang berbicara tentang langganan, tetapi itu benar. Kapan terakhir kali Anda melihat pengeluaran berulang?," kata Priya Malani, pendiri dan CEO Stash Wealth.

Layanan, seperti keanggotaan gym, TV kabel, dan langganan streaming online, dapat bertambah dengan cepat. Sementara beberapa dolar di sana-sini mungkin tidak tampak banyak, Anda akan merasakan beratnya ketidakhadiran uang itu pada akhir tahun. Berlangganan Netflix standar biaya $ 12,99 per bulan, yang menambahkan hingga lebih dari $ 150 selama 12 bulan.

Selain itu, Anda mungkin membayar langganan bulanan berulang yang tidak lagi Anda gunakan. Dalam sebuah artikel untuk Wall Street Journal, jurnalis Joanna Stern merinci bagaimana dia membayar $ 15 sebulan selama tiga tahun untuk layanan faks elektronik yang dia gunakan hanya dua kali.

"Itu $ 240. Untuk jumlah yang sama, saya bisa membeli 20 gulungan kertas faks atau 10 mesin faks yang berfungsi nyata," kata dia.

Jika membatalkan langganan Anda terasa terlalu drastis, Anda juga dapat mencari alternatif yang lebih terjangkau untuk keanggotaan Anda saat ini. Berbagi akun Netflix dengan teman-teman atau mendapatkan tiket harian atau bulanan ke gym Anda, daripada mendaftar untuk kontrak selama setahun, dapat membantu meringankan Anda secara finansial.

3. Membeli dalam jumlah besar

Membeli barang-barang rumah tangga dalam jumlah besar adalah area lain di mana banyak orang berpikir mereka menabung, tetapi seringkali tidak.

Itu karena orang yang berbelanja dalam jumlah besar sering membeli lebih dari yang mereka butuhkan untuk mendapatkan penghematan. "Penghematan jangka pendek yang menurut Anda bermanfaat itu tidak selalu. Alih-alih membeli 12 paket baterai seharga $ 25 saat Anda hanya membutuhkan dua baterai AA, beli 2 paket yang harganya $ 5 dan berikan $ 20 lainnya untuk utang Anda. Itu adalah pola pikir," kata Malani. 


Daripada membeli semuanya dalam jumlah besar, pikirkan jumlah yang sebenarnya Anda butuhkan dari produk yang diberikan terlebih dahulu. Jika Anda mengadakan pertemuan besar, mungkin baik-baik saja untuk membeli 500 paket piring pesta.

Tetapi jika Anda menemukan 20 bungkus alpukat hanya dengan $ 3,99 di toko bahan makanan lokal, itu tentunya akan lebih hemat.

4.Membeli produk bermerek

Meskipun mungkin tergoda untuk membeli semua produk bermerek, beralih dari premium ke generik ketika berbelanja makanan, obat-obatan, perlengkapan kantor, kosmetik, dan lainnya adalah cara lain untuk menghemat uang sedikit demi sedikit. Bahkan, membeli obat generik dapat menghemat lebih dari $ 1.500 per tahun, kata Mic.

Berbelanja produk-produk tanpa merek dapat dengan mudah dilewatkan saat meninjau keuangan Anda. Malani merekomendasikan untuk melacak berapa banyak yang telah Anda hemat dari waktu ke waktu. Kalau tidak, kemungkinan Anda tidak akan merasakan perubahan berarti apa-apa dan mungkin kembali ke merek-merek tersebut.

5. Pengeluaran demi media sosial

Dunia media sosial dipenuhi oleh orang-orang yang memposting tentang rumah baru mewah mereka atau liburan tropis eksklusif. Dan sebagai akibatnya, mereka merasakan tekanan untuk membelanjakannya agar terus up to date.

Faktanya, 90% milenial yang menanggapi survei 2018 dari Allianz mengatakan bahwa media sosial menciptakan kecenderungan bagi mereka untuk membandingkan kekayaan atau gaya hidup mereka sendiri dengan teman-teman sebayanya.

Ini bisa menjadi masalah bagi orang-orang yang berpartisipasi dalam media sosial saat berusaha keluar dari utang, kata Samuel Deane, perencana keuangan di Deane Financial Partners, Inc.

"Saya sering melihat orang-orang dengan pengeluaran utang untuk mobil mewah, liburan, dan pengalaman eksklusif baik untuk kepuasan instan atau untuk mengesankan orang di media sosial," kata Deane.


Untuk menghindari menjadi korban tekanan teman dan potensi pengeluaran berlebihan yang dapat terjadi akibat menggulir melalui media sosial, penting untuk mengetahui tujuan Anda, tujuan nyata Anda bukan tujuan yang ditentukan oleh masyarakat atau rekan Anda. Kenali mereka dan patuhi mereka," jelas Deane. 

Di mana untuk berkorban dan di mana untuk menghabiskan

Namun, ingatlah bahwa Anda tidak perlu mengorbankan segalanya demi melunasi utang Anda.

Untuk menentukan di mana paling masuk akal bagi Anda untuk mengurangi, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu apa yang penting bagi Anda dan kemudian memprioritaskan dan merencanakannya, kata Malani.

"Jika Anda merasa lebih baik atau lebih sehat membeli organik, lakukan saja. Ini bukan tentang pengorbanan di mana-mana, ini hanya tentang pengorbanan di beberapa area tertentu," kata Malani.

Salah satu cara untuk melihat di mana Anda mungkin mengeluarkan uang terlalu banyak adalah dengan melacak pengeluaran Anda selama sebulan. Selama 30 hari, tuliskan semua yang Anda hasilkan dan belanjakan. Pada akhir periode itu, tinjau aktivitas keuangan Anda dan jika ada pengeluaran yang terasa tidak perlu, mulailah dari sana.

"Memiliki pemahaman tentang di mana Anda menghabiskan uang Anda terlebih dahulu akan membantu Anda memahami di mana Anda dapat memotong dan apa yang Anda ingin potong," kata Boneparth.

[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading