Boyong Semua Pemain & Kru, Parasite Akhirnya Dapet Oscar 2020

Lifestyle - Linda Hasibuan & Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
10 February 2020 10:20
Boyong Semua Pemain & Kru, Parasite Akhirnya Dapet Oscar 2020

Jakarta, CNBC Indonesia - Academy Award ke-92 atau Oscar 2020 berlangsung pada Minggu, 9 Februari 2020 waktu AS atau Senin pagi waktu Indonesia. Acara yang berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles ini mencetak sejarah baru bagi Korea Selatan.

Untuk pertama kalinya salah satu film asal negeri ginseng berjudul Parasite memenangkan Piala Oscar 2020. Film yang penuh intrik itu memenangkan kategori Skenario Asli Terbaik (Best Original Screenplay).

Bahkan, film garapan sutradara Bong Joon Ho dan Han Jin Won ini pun mengalahkan Quentin Tarantino, yang menulis "Once Upon a Time in Hollywood.



Selain itu, Bong Joon Ho juga menjadi sutradara Korea pertama yang dinominasikan Oscar. Film yang dibintangi Song Kang Ho dan Lee Sun Gyun ini adalah film Korea pertama yang berhasil masuk dalam kategori Best Picture di Oscar 2020.

Sedikitnya, Parasite juga menerima enam nominasi, termasuk Best Picture. Beberapa di antaranya Film Terbaik, Naskah Asli Terbaik, Sutradara, Film Editing, Desain Produksi dan International Feature.

Film ini juga sebelumnya telah memenangkan dua penghargaan dari British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) di London beberapa waktu lalu.

Parasite merupakan film Korea kedua yang berhasil membawa pulang piala Best Film Not in the English Language dalam BAFTA sepanjang sejarah. Piala itu pertama kali dibawa pulang Korea Selatan lewat film The Handmaiden karya Sutradara Park Chan-Wook pada 2018.

Boyong Semua Pemain & Kru, Parasite Akhirnya Dapet Oscar 2020Foto: Nominasi Oscar (Sony/Sony/20th Century Fox/Neon/Warner Bros/Universal Pictures via AP)


Selain itu, Sutradara Bong Joon-Ho juga memenangkan International Film Festival Rotterdam (IFFR) Audience Award yang juga dikenal dengan BankGiro Loterij Audience Award. Sebelumnya, Parasite memenangkan Palme d'Or di Festival Film Cannes 2019 dan menjadi film Korea Selatan pertama yang mendapatkannya.

Pada Golden Globe Awards ke-77, Parasite juga dinominasikan untuk tiga penghargaan termasuk Sutradara Terbaik dan Skenario Terbaik, dan memenangkan Film Berbahasa Asing Terbaik, menjadi film Korea pertama yang mencapai prestasi tersebut.

Sebelum meraih satu piala Oscar 2020 ini, film Parasite juga memboyong hampir semua pemain dan kru dalam ajang penghargaan prestisius ini. Terlihat adanya sosok sutradara Bong Joon-ho, produser Kwak Sin-Ae, Moon Yang-Kwon, Jang Young-Hwan, penulis skenario Han Jin-Won, dengan para pemain seperti Song Kang-Ho, Lee Sun-Kyun, Cho Yeo-Jeong, Choi Woo-Shik, Park So-Dam, dan Lee Jung-Eun, serta Chang Hyae-jin. Mereka berada di red carpet 92nd Annual Academy Awards di Hollywood.

Parasite sendiri menjadi film Asia yang mencuri perhatian sepanjang musim penghargaan berlangsung sejak akhir 2019.


Kisah Parasite sendiri berpusat pada dua keluarga yang berbeda strata ekonomi. Adalah Kim Ki Taek (Song Kang-ho) tinggal di sebuah rumah sempit bawah tanah bersama istrinya, Choong Sook (Jang Hye-jin) dan kedua anaknya, Ki-woo (Cho Woo-shik) dan Ki-heong (Park So-Dam). Mereka bertahan hidup dengan melipat kotak pizza.

Boyong Semua Pemain & Kru, Parasite Akhirnya Dapet Oscar 2020Foto: Film Parasite Melaju ke Academy Award 2020 (CNBC Indonesia TV)


Suatu hari teman Ki-woo menawarkan pekerjaan untuk menjadi guru les bahasa Inggris sebuah keluarga kaya raya. Ki-woo awalnya ragu, namun karena butuh uang akhirnya ia terima pekerjaan tersebut. Ketika dia menerima pekerjaan ini, keluarga ini langsung mengalami petualangan yang tidak mereka duga.

Dalam kesempatan itu, Bong Joon-Ho juga berterima kasih kepada para aktor dan aktris yang berhasil menghidupkan naskah dan adegan yang ditulis.

Dalam Oscar 2020, Parasite masuk enam nominasi yakni Best International Feature Film, Best Director, Best Original Screenplay, Best Picture, Best Film Editing, serta Best Production Design.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading