Penasaran Siapa yang Menang? Simak Fakta Oscar 2020

Lifestyle - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
09 February 2020 08:48
Penasaran Siapa yang Menang? Simak Fakta Oscar 2020

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada 9 film yang akan bersaing memperebutkan Best Picture alias film terbaik dalam ajang Academy Awards 2020 atau Oscar 2020.

Adapun 9 film yang masuk nominasi tersebut yakni Ford v Ferrari (20th Century Fox), The Irishman (Netflix), Jojo Rabbit (Fox Searchlight) Joker (Warner Bros), Little Women (Sony/Columbia), Marriage Story (Netflix), 1917 (Universal), Once Upon a Time in Hollywood (Sony/Columbia), dan yang unik dari Korea: Parasite (CJ Entertainment).

Oscar 2020 akan digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, AS, pada 9 Februari waktu setempat atau bisa ditonton di Indonesia pada Senin 10 Februari pukul 08.00 WIB.


Di luar nominasi itu, 
ada beragam fakta di balik penempatan nominasi Oscar 2020. Berikut di antaranya seperti yang dirangkum Detikcom dari berbagai sumber.


1. 2 nominasi di kategori akting untuk Scarlett Johansson
Tahun ini, Scarlett Johansson menempati dua nominasi besar di kategori acting. Ia tercatat di nominasi Best Actress dari perannya di 'Marriage Story' dan Best Supporting Actress lewat penampilannya di 'Jojo Rabbit'. Dilansir BBC, Sabtu (8/2/2020), Johansson menjadi segelintir bintang yang pernah tercatat dinominasikan berbarengan di kategori tersebut.

Sebelumnya ada aktor Sigourney Weaver (pada 1989), Al Pacino (1993), Emma Thompson (1994), Jamie Foxx (2005) dan, Cate Blanchett (2008).


2. Tak ada aktris selain Hillary Swank yang menang Oscar bersama dengan filmnya
Hillary Swank memenangkan Oscar sebagai Aktris Terbaik lewat perannya di 'Million Dollar Baby'. Piala itu diterimanya di tahun 2004 bersama dengan film tersebut yang juga didaulat sebagai film terbaik.

Tahun ini Renee Zellweger menjadi favorit untuk memenangkan gelar aktris terbaik lewat perannya di film 'Judy'. Namun rekor agaknya masih dipegang Hillary Swank karena 'Judy' tak masuk di daftar nominasi Best Picture.



3. Ada pasangan yang bersaing memperebutkan Oscar
Tahun ini, Oscar menjadi persaingan bagi pasangan sutradara, Noah Baumbach dan Greta Gerwig. Film karya keduanya ada dalam arena kompetisi di beberapa nominasi. Persaingan keduanya yang terlihat nyata yakni di nominasi Best Picture.

Film Noah Baumbach, 'Marriage Story' dan film Greta Gerwig, 'Little Women' bersaing dengan tujuh film lain yang juga tercatat di nominasi tersebut.


4. Menang Oscar dapat jadi rekor baru untuk 'Parasite'
'Parasite' merupakan film Korea pertama yang menerima nominasi sebagai film terbaik. Bahkan, ia menjadi segelintir dari deretan film asing yang tercatat di dua nominasi bersamaan yakni Best Picture dan Best Foreign Language Film.

Sebelumnya ada 'Roma' (2019) dan 'Crouching Tiger Hidden Dragon' (2000). Kemenangan 'Parasite' di Oscar nanti dapat memecahkan rekor kedua film itu.


5. Brad Pitt jadi aktor termuda di nominasi Best Supporting Actor
Brad Pitt yang kini berusia 56 tahun bersaing dengan deretan aktor kawakan lain di nominasi aktor pendukung terbaik. Mereka di antaranya, Joe Pesci (76), Al Pacino (79) dan Anthony Hopkins (82).



6. Prediksi '1917' Menang Besar seperti 'Birdman'
Seperti dilansir BBC, para pakar Oscar mengawasi dengan ketat film-film di nominasi Best Film Editing setiap tahunnya, karena ada korelasi kuat dengan film yang dianggap layak memenangkan Best Picture.

Namun ada potensi film '1917' dapat mencapai gelar film terbaik tanpa ia masuk di nominasi Best Film Editing. Hanya satu film sejak tahun 1980 yang memenangkan Best Picture tanpa juga tercatat di 'Best Editing Film, yakni 'Birdman' (2014).

'1917' dan 'Birdman' pun memiliki satu kesamaan. Keduanya menjadi film yang dibuat dengan teknik one-shot. Teknik ini disebut menelan biaya yang lebih besar dalam proses pengeditan filmnya.


7. Film-film Netflix mendominasi Oscar
Netflix agaknya melipatgandakan kesempatan untuk bisa bersinar di ajang Oscar tahun ini. Ketimbang tahun sebelumnya, tahun ini layanan streaming itu menyodorkan film-filmnya yang dilirik berkualitas. Di antaranya 'The Two Popes' dan 'Marriage Story' dan 'The Irishman' yang sama-sama bersaing juga di Best Picture.



[Gambas:Video CNBC]




(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading