Ratu Inggris Gelar Rapat Darurat, Harry Hadir Tanpa Meghan

Lifestyle - Rahajeng Kusumo, CNBC Indonesia
12 January 2020 11:15
Ratu Inggris Gelar Rapat Darurat, Harry Hadir Tanpa Meghan Foto: REUTERS/Toby Melville
Jakarta, CNBC Indonesia - Ratu Elizabeth memanggil Pangeran Harry untuk pertemuan krisis bahas rencana pengunduran diri cucunya beserta istri sebagai anggota kerajaan, besok. 

Berdasarkan sumber Istana Buckingham kepada Reuters yang dikutip CNBC Indonesia, Ayah Harry Pangeran Charles, pewaris takhta, dan kakak laki-lakinya Pangeran William, juga akan menghadiri pertemuan yang akan berlangsung pada hari Senin di perkebunan Ratu Sandringham di Norfolk, Inggris timur.


Sementara Meghan Markle dipastikan tak akan hadir, ia akan mencoba bergabung melalui telepon dari Kanada di mana kini ia berada bersama dengan anaknya, Archie. 


Harry dan Meghan yang bergelar Duke dan Duchess of Sussex, mengejutkan seluruh keluarga kerajaan pada hari Rabu dengan mengumumkan secara publik bahwa mereka menginginkan "model kerja baru" yang akan memungkinkan mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu di Amerika Utara dan menjadi mandiri secara finansial.

Ratu Inggris Gelar Rapat Darurat, Harry Hadir Tanpa MeghanFoto: Pangeran Harry dan Meghan Markle (AP Photo/Alastair Grant, FILE)





[Gambas:Video CNBC]



Keputusan ini diambil tanpa berkonsultasi dengan Ratu Elizabeth maupun anggota keluarga lainnya. Keduanya kemudian membuat pengumuman di situs web baru, https://sussexroyal.com, langkah ini pun mengecewakan ratu dan bangsawan lainnya, menurut sumber di istana.

Ratu Inggris Gelar Rapat Darurat, Harry Hadir Tanpa MeghanFoto: Pangeran Harry dan Meghan Markle (AP Photo/Matt Dunham, File)


Pertemuan pada Senin nanti akan menjadi pertama kalinya para bangsawan senior bertemu secara langsung untuk membahas masalah yang ditimbulkan oleh Harry dan Meghan. Para pejabat telah mengadakan pembicaraan di belakang layar sejak pernyataan mengejutkan dari keduanya dan mencoba menyusun pengaturan baru bagi pasangan itu, dan sumber istana mengatakan upaya itu berkembang dengan baik.





Konsultasi, yang juga melibatkan pemerintah Inggris dan Kanada, membuka jalan untuk pertemuan tatap muka antara Harry dan ratu. Sumber istana mengatakan Ratu  menginginkan adanya penyelesaian krisis yang cepat dan bijaksana, meski akan rumit prosesnya. Nantinya,  kesepakatan apa pun akan membutuhkan waktu untuk diimplementasikan.


Perpecahan antara Harry dan Windsors lainnya adalah krisis terbaru yang dihadapi keluarga kerajaan dalam periode yang digambarkan bulan lalu sebagai "jalan bergelombang" oleh sang ratu dalam pidato tahunan yang disiarkan televisi. Dalam sebuah wawancara TV Oktober lalu, Harry mengakui bahwa dia dan William telah menjauh satu sama lain. Koran Sunday Times mengatakan William bahkan sudah berbicara kesedihannya tentang hubungan mereka. 


Surat kabar tersebut mengutip William yang mengatakan kepada seorang teman yang tidak disebutkan namanya "Saya telah memeluk adik saya sepanjang hidup kita dan saya tidak dapat melakukan itu lagi, kita adalah entitas yang terpisah. "Saya sedih tentang itu. Yang bisa kita lakukan, dan yang bisa saya lakukan adalah mencoba dan mendukung mereka dan berharap saatnya tiba ketika kita semua bernyanyi dari halaman yang sama. Saya ingin semua orang di tim yang sama."

Sebelumnya pada hari Sabtu, surat kabar Times melaporkan bahwa Meghan telah setuju untuk mengisi suara untuk Disney sebagai imbalan sumbangan perusahaan kepada badan amal untuk melindungi gajah. Juru bicara Istana Buckingham tidak segera mengomentari laporan tersebut dan Disney pun tidak memberikan komentarnya.


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading