Harry Sedih, Logo Ratu Elizabeth II Dicopot dari Seragamnya

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 September 2022 19:56
Pangeran William, pangeran Wales, kanan, dan Pangeran Harry menghadiri acara jaga cucu Ratu di sekitar peti mati, yang terletak di catafalque di Westminster Hall, di Istana Westminster, London, Sabtu, 17 September, 2022. (AP/Aaron Chown) Foto: Pangeran William, pangeran Wales, kanan, dan Pangeran Harry menghadiri acara jaga cucu Ratu di sekitar peti mati, yang terletak di catafalque di Westminster Hall, di Istana Westminster, London, Sabtu, 17 September, 2022. (AP/Aaron Chown)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sosok Pangeran Harry tak luput dari pemberitaan di tengah kabar duka kematian sang nenek, Ratu Elizabeth II. Terbaru, terkait pakaian militer yang dikenakannya dalam seremoni resmi upacara khusus penghormatan Ratu Elizabeth II, Sabtu (17/9/2022).

Seperti diketahui, sejak mengundurkan diri dari anggota senior Kerajaan Inggris, Pangeran Harry tidak diperkenankan mengenakan seragam militer dalam lima seremoni tradisional jelang pemakaman Sang Ratu. Hal ini termasuk upacara terakhir di Westminster Hall.

Namun, ayahnya, Raja Charles III, mengizinkan Pangeran Harry untuk mengenakan seragam militernya dalam rangkaian acara penghormatan khusus Ratu Elizabeth II. Raja Charles III mengungkapkan bahwa izin khusus yang diberikan kepada Pangeran Harry merupakan salah satu keinginan mendiang Ratu Elizabeth II untuk melihat kedua cucunya tersebut dapat mengenakan seragam militer mereka.


Putri Wales, Kate Middleton dan Pangeran Wales, William bersama Duke of Sussex, Pangeran Harry beserta istrinya Duchess of Sussex, Meghan Markle berjalan di luar Kastil Windsor, Inggris, Sabtu (10/9/2022). Pasangan itu berada di Inggris dalam kunjungan singkat ketika ratu Elizabeth, raja terlama di Inggris, meninggal pada hari Kamis (7/9/2022). (Photo by Chris Jackson - WPA Pool/Getty Images)Foto: Princess of Wales, Kate Middleton dan Prince of Wales, William bersama Duke of Sussex, Pangeran Harry beserta istrinya Duchess of Sussex, Meghan Markle berjalan di luar Kastil Windsor, Inggris, Sabtu (10/9/2022). Pasangan itu berada di Inggris dalam kunjungan singkat ketika ratu Elizabeth, raja terlama di Inggris, meninggal pada hari Kamis (7/9/2022). (Photo by Chris Jackson - WPA Pool/Getty Images)



Kendati demikian, Harry disebut sangat sedih saat mengetahui bahwa nama inisial Ratu Elizabeth, ER II, yang terpasang dalam seragam militernya telah dicabut, saat menerima seragam itu kembali akhir pekan lalu.

ER II, atau yang tampak tertulis sebagai E II R, merupakan kode untuk nama Ratu Elizabeth II. "E" merujuk pada nama sang mendiang ratu, Elizabeth. "R" merujuk pada kata Latin "regina" alias "Ratu". Sedangkan "II" adalah nomor Romawi untuk "kedua".

Inisial Ratu Elizabeth II tersebut telah tercantum di berbagai properti milik Kerajaan Inggris, termasuk di bangunan, dokumen negara, hingga segala hal yang berkaitan dengan kerajaan seperti kotak pos di seluruh Inggris.

Diberitakan Sunday Times of London, seorang teman dari Harry mengatakan bahwa suami Meghan Markle itu sedih bukan kepalang ketika inisial Ratu Elizabeth, yang jadi orang favoritnya, itu dicabut dari seragam kebanggaannya.

"Dia benar-benar hancur, patah hati," kata teman Harry tersebut, dikutip dari Page Six yang rilis Minggu (18/9) waktu AS. "Menghapus inisial neneknya itu terasa sangat disengaja," katanya.

Seperti diketahui, Pangeran Harry pernah bertugas di kemiliteran Inggris selama 10 tahun. Ia bahkan sempat ditugaskan ke Afghanistan sebanyak dua kali dan memegang tiga pangkat kehormatan, Captain General of the Royal Marines, Honorary Air Commandant of RAF Honington, dan Commodore-in-Chief, Small Ships and Diving, Royal Naval Command.

Hanya saja, ketiga pangkat kehormatan ini dicabut saat ia dan Meghan Markle mundur dari peran anggota keluarga senior pada 2020.

Kabar Harry boleh mengenakan seragam militer ini datang bersamaan dengan hari ulang tahunnya yang ke-38 pada 15 September 2022. Meski demikian, kabarnya Harry tidak mengharapkan perayaan apapun terkait ulang tahunnya itu karena masih dalam suasana duka. 

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Dikubur di Tanah, Begini Cara Ratu Elizabeth Dimakamkan


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading