Bukan Cuma Ratu Elizabeth, Ini 4 Pemakaman Termahal di Dunia

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 September 2022 15:20
Rangkaian prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) telah dimulai. (AFP/OLI SCARFF) Foto: Rangkaian prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) telah dimulai. (AFP/OLI SCARFF)

Jakarta, CNBC Indonesia - Prosesi pemakaman kenegaraan untuk Ratu Elizabeth II pada Senin, 19 September kemarin disebut-sebut sebagai acara kenegaraan paling mahal di Inggris yang digelar pada era modern.

Maklum, pemakaman itu telah disiapkan sejak bertahun-tahun. Peti matinya saja, yang berlapis timah dan berbobot setidaknya 250 kilogram, dibuat sejak 30 tahun lalu. 

Dihadiri setidaknya 500 tamu kehormatan asing dan pemimpin sejumlah negara, biaya pemakaman kenegaraan itu diperkirakan melebihi 8 juta poundsterling (Rp 136,4 miliar), meskipun pihak Istana Buckingham tidak pernah mempublikasikan biayanya secara resmi.


Mantan petugas keamanan kerajaan, dikutip dari New York Post, mengatakan bahwa dia yakin biaya untuk keamanannya saja menelan lebih dari 6,7 juta poundsterling atau sekitar Rp 112 miliar. Angka itu melebihi biaya keamanan untuk Olimipade London. 

Rangkaian prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) telah dimulai. (via REUTERS/POOL)Foto: Rangkaian prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) telah dimulai. (via REUTERS/POOL)
Rangkaian prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) telah dimulai. (via REUTERS/POOL)

Selain pemakaman Ratu Elizabeth II, berikut adalah sejumlah tokoh yang juga diberikan pemakaman paling megah dan mahal di dunia:

1. Alexander The Great

Biaya pemakaman termahal dalam sejarah adalah ketika Alexander The Great, raja dari Yunani Makedonia selama abad ke-4 SM. Jasadnya dimakamkan memakai peti mati berlapis emas dan dibawa dengan kereta emas.

Sebagian besar catatan sejarah menyebut bahwa jasad Raja Yunani itu kemudian diangkut ke Mesir. Proses ini memakan waktu dua tahun, selama waktu itu pasukan Ptolemy I menyerang kereta pemakamannya. Biaya seluruh pemakaman diperkirakan setara dengan US$ 600 juta dalam dolar pada 2011 lalu.

2. Paus Yohanes Paulus II

Ketika Paus Yohanes Paulus II meninggal pada tahun 2005, pemakamannya diadakan di Basilika Santo Petrus di Roma dan dihadiri oleh mantan presiden AS George W. Bush dan Bill Clinton, serta Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris dan lebih dari 200 pejabat tinggi lainnya dari seluruh dunia.

Untuk mengakomodasi banyak ritus suci yang terjadi setelah kematian seorang paus, upacara pemakaman berlangsung selama beberapa hari. Ini termasuk Ritus Kematian Kepausan, Ritus Kunjungan, Misa Istirahat, Misa Requiem, dan Ritus Pemakaman. Setelah semuanya selesai, angka yang dikeluarkan oleh Takhta Suci menyebutkan biaya untuk seluruh layanan sebesar US$9 juta.

3. Kim Jong Il

Lalu, pemakaman Kim Jong-Il yang merupakan pemimpin Korea Utara selama tujuh tahun. Kematiannya menyebarkan histeria luar biasa bagi rakyatnya. Pemerintah menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk mengukir namanya dan ayahnya, Kim Il-Sung di Towers of Eternal Life.

Untuk memperingatinya, pemerintah Korea Utara membuat sebuah patung senilai Rp136,9 miliar, memesan pengawet jenazah langsung dari Rusia, dan membuat sebuah peti mati yang terbuat dari kaca. Pemeliharaan jenazahnya diprediksi mencapai US$ 2,5 juta per tahun.

4. Putri Diana

Putri Diana meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris pada Agustus 1997. Kepergiannya disambut duka cita mendalam oleh banyak penduduk dunia. Jutaan orang di seluruh dunia menyaksikan prosesi pemakamannya, saat jenazahnya dibawa Westminster Abbey dan kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan oleh Elton John, yang menyanyikan lagu "Candle in the Wind" yang telah ditulis ulang untuk Sang Putri.

Beberapa hari setelah pemakamannya, pejabat Inggris memperkirakan bahwa biaya untuk seluruh acara itu hampir US$8 juta. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Duh! Gelang Bekas Melayat Ratu Elizabeth Dijual Rp1,1 Miliar!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading