11 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi, Mana yang Berbahaya?

Lifestyle - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
18 September 2022 20:15
Ilustrasi Kolesterol Tinggi (Freepik) Foto: Ilustrasi Kolesterol Tinggi (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Makanan bisa menyehatkan tubuh juga bisa menimbulkan penyakit, terutama yang memiliki kolesterol tinggi. Pasalnya, hal itu dapat menyumbat pembuluh darah dan bisa memicu masalah jantung hingga stroke.

Melansir Healthline ada beberapa makanan yang memiliki kolesterol tinggi namun masih dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh. Namun, ada juga jenis makanan yang harus dihindari.

Berikut tujuh makanan kolesterol tinggi yang baik untuk dimakan:


1. Telur

dimana terdapat 207 mg kolesterol. Meski penelitian terbaru menunjukan telur tidak meningkatkan kadar kolesterol justru dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik) untuk jantung.

Orang dianjurkan mengonsumsi 1-3 butir telur per hari karena merupakan sumber protein dan punya manfaat vitamin A dan B.1.

2. Keju

Makanan dari susu ini memiliki 20 mg kolesterol. Namun beberapa penelitian terbaru menunjukan bahwa keju penuh dengan lemak yang tidak meningkatkan kadar kolesterol.

Porsi yang direkomendasikan mengonsumsi keju 1-2 ons karena masih tergolong makanan berkalori tinggi.

3. Kerang, kepiting, udang

Mengonsumsi udang 3 ons atau 85 gram itu memiliki 214 mg kolesterol yang tergolong tinggi.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan orang yang makan banyak makanan laut menunjukkan tingkat penyakit jantung, diabetes dan penyakit radang yang lebih rendah dari mereka yang hanya sedikit memakan.

4. Daging merah dari sapi padang rumput

Kolesterol pada daging sapi sebesar 113 gram, mengandung 62 mg kolesterol lebih rendah dari sapi yang berasal dari penggemukan.

Daging ini juga memiliki banyak asam lemak omega 3 yang memiliki sifat anti inflamasi.

5. Jeroan

Jeroan seperti jantung ayam memiliki kadar kolesterol yang tinggi di mana porsi sebesar 145 gram atau 1 cangkir, memiliki kadar kolesterol mencapai 351 mg.

6. Sarden

Ikan sarden memiliki kadar kolesterol mencapai 131 mg untuk porsi 92 gram. Selain itu, sarden bisa dikonsumsi karena mengandung vitamin D, B12, zat besi, selenium, fosfor, seng, tembaga, magnesium hingga vitamin E.

7. Yoghurt

Yoghurt penuh lemak pada prosi satu cangkir atau 245 gram mengandung 31,8 mg kolesterol. Ini juga bisa dikonsumsi melihat penelitian terbaru mengaitkan peningkatan makan yoghurt bisa menurunkan kolesterol LDL (jahat).

Berikut empat makanan tinggi kolesterol yang perlu dihindari"

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng sangat mengandung kolesterol tinggi sehingga harus dihindari jika memungkinkan. Pasalnya, makanan ini memiliki kandungan trans lemak sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan lainnya.

2. Makanan cepat saji

Tentunya makanan cepat saji memiliki kadar kolesterol yang tinggi, Makanan ini merupakan faktor utama risiko berbagai kondisi kronis seperti jantung, diabetes, hingga obesitas.

3. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis, dendeng, dan hot dog harus dibatasi, karena setiap tambahan 50 gram porsi daging olahan per hari membuat risiko penyakit jantung meningkat 42%.

4. Makanan manis

Kue kering, es krim, permen juga membuat kondisi kesehatan kurang baik. Makanan ini menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu, penyakit jantung, hingga kanker.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Terlihat dari Kaki, Cek!


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading