Harry & Meghan Bete, Kedua Anaknya Tak Dapat Gelar Yang Mulia

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 September 2022 15:25
FILE - In this Wednesday May 8, 2019 file photo, Britain's Prince Harry and Meghan, Duchess of Sussex, during a photocall with their newborn son Archie, in St George's Hall at Windsor Castle, Windsor, south England.  In a stunning declaration, Britain’s Prince Harry and his wife, Meghan, said they are planning “to step back” as senior members of the royal family and “work to become financially independent.” A statement issued by the couple Wednesday, Jan. 8, 2020 also said they intend to “balance” their time between the U.K. and North America (Dominic Lipinski/Pool via AP, file) Foto: Pangeran Harry dan Meghan Markle (Dominic Lipinski/Pool via AP, file)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah mangkatnya Ratu Elizabeth II, sang putra sulung Raja Charles III secara otomatis naik takhta menjadi pemimpin Kerajaan Inggris. Terpilihnya Charles menjadi Raja membuat kedudukan dan gelar sejumlah keluarga kerajaan ikut berubah.

Seperti gelar Prince and Princess of Wales yang kini diberikan ke Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton. Namun, kondisi berbeda dialami adik Pangeran William, yakni Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle.

Dikabarkan, anak Harry dan Meghan, yakni Archie Harrison dan Lilibet Diana tidak akan mendapatkan status Yang Mulia atau HRH (His/Her Royal Highness) dari Raja Charles III. Diketahui, setiap anggota keluarga kerjaan yang mendapat gelar ini akan mendapat perlakuan khusus, seperti penjagaan ketat dan beberapa keuntungan lain yang sesuai dengan standar kerajaan Inggris.


Meski memiliki garis keturunan Kerajaan Inggris, Archie dan Lilibet tidak bisa mendapatkan gelar Yang Mulia. Mereka hanya akan diberikan gelar Prince dan Princess.

Harry dan Meghan merilis foto ulang tahun pertama Lilibet. (via REUTERS/MISAN HARRIMAN/PRINCE HARRY AND)Foto: Harry dan Meghan merilis foto ulang tahun pertama Lilibet. (via REUTERS/MISAN HARRIMAN/PRINCE HARRY AND)

Lantaran hal itu, Meghan dan Harry dilaporkan kesal. Sebab, Archie dan Lilibet tidak mendapat fasilitas penjagaan sehingga mereka khawatir akan keselamatan serta keamanan kedua buah hatinya.

Ada banyak pembicaraan selama sepekan terakhir sejak Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Termasuk soal gelar untuk Archie dan Lilibet yang tidak bisa diberikan oleh Raja Charles III.

"Harry dan Meghan khawatir tentang masalah keamanan. Menjadi Prince dan Princess memberi mereka hak untuk memiliki tingkat keamanan kerajaan tertentu. Mereka sangat marah karena Archie dan Lilibet tidak dapat mengambil gelar HRH," kata seorang sumber, seperti dikutip The Sun.

Raja Charles III sudah menyetujui kesepakatan untuk memberikan gelar Prince kepada Archie dan Princess kepada Lilibet. Bahkan Charles akan mengeluarkan surat resmi terkait gelar baru kedua cucunya dalam waktu dekat.

Harry dan Meghan sendiri sama-sama setuju untuk tidak menggunakan gelar HRH saat memutuskan keluar dari The Royal Family 2,5 tahun yang lalu untuk tinggal di Amerika Serikat. Namun, mereka mengeluh karena Archie dan Lilibet ikut terkena dampaknya.

"Itulah kesepakatannya, mereka bisa menjadi Pangeran dan Putri tetapi bukan HRH karena mereka bukan working royals," papar sumber itu.

Karena masalah ini, kabarnya Harry dan Meghan sempat merujuk pada sepupunya, yakni Princess Beatrice dan Princess Eugenie yang memiliki status HRH meski bukan bestatus sebagai working royals


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Saat Pangeran Louis Rewel, Bikin Emak-Emak Sedunia Relate


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading