Mau Punya Tabungan Rp 1 M Saat Pensiun? Ini Caranya!

Lifestyle - Lynda Hasibuan , CNBC Indonesia
09 October 2019 13:27
Mau Punya Tabungan Rp 1 M Saat Pensiun? Ini Caranya! Foto: Infografis/Tips Kelola Keuangan/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia- Berapa usia Anda sekarang? apa mimpi Anda di hari tua? Bila Anda ingin sejahtera dalam ekonomi di saat pensiun tentu menabung adalah pilihannya.

Ada sejumlah rumus dalam membantu Anda memiliki jumlah tabungan ideal. Untuk masa tua, rumus yang dimaksud diikuti dari usia sedini mungkin. Jika sekarang Anda bergaji misalnya Rp 100 juta dalam setahun, dan berencana memiliki Rp 1 miliar di hari tua memang tampak mustahil.



Mengutip CNBC Internasional, untuk menggapainya Anda harus bekerja keras, berdedikasi, dan memiliki banyak waktu. Itu semua bisa terwujud, namun kuncinya di diri Anda sendiri.


Praktisnya, para penasihat keuangan akan menyarankan Anda untuk menyimpan 10% sampai 15% dari pendapatan saat ini. Tapi jika tujuan Anda adalah Rp 1 miliar, maka Anda butuh berinvestasi dengan variasi yang beragam dan porsi yang disesuaikan dengan usia Anda saat ini.

NerdWallet menghitung angka-angkanya, dan memberi tahu Anda dengan tepat yang harus Anda selipkan untuk menuju mimpi masa depan keuangan yang baik.

Hanya beberapa hal yang perlu diingat yakni angka-angka ini mengasumsikan Anda tidak memiliki uang dalam program pensiun Anda. Serta pikirkan bahwa Anda akan mendapatkan pengembalian konservatif 6% dari investasi Anda hingga masa pensiun pada usia 65 tahun (catatan saat ini usia Anda di 25 tahun).

Sejatinya, semakin cepat Anda sadar untuk menabung maka masa depan bisa semakin baik. Menabunglah sejak usia 20 tahun jika ingin hidup nyaman di hari tua. Pastikan pengeluaran gaya hidup tidak melebihi 75% dari penghasilan Anda.

Jadi rencanakanlah dengan tepat ya!

Mau Punya Tabungan Rp 1 M Saat Pensiun? Ini Caranya!Foto: Infografis/Orang Kaya/Edward Ricardo



(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading