Bangkrut di AS, Forever 21 Jakarta Menyusut & Akan Tutup?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
02 October 2019 15:34
Bangkrut di AS, Forever 21 Jakarta Menyusut & Akan Tutup?
Jakarta, CNBC Indonesia - Gerai fashion kenamaan Forever 21 mengajukan pailit dan bangkrut sejak Minggu lalu. Induk bisnisnya yang berada di Amerika Serikat terlilit utang dan ditinggal konsumen, bagaimana nasib gerai di Jakarta?

Mengutip CNBC Internasional, secara global Forever 21 memiliki 850 gerai. 549 berada di Amerika Serikat dan 251 di pasar internasional. Untuk menyiasati biaya operasional, Forever 21 bakal menutup 178 gerai di AS dan hengkang dari pasar Asia dan Eropa.




Hari ini, Forever 21 pun merilis daftar 178 gerai yang akan ditutup di negeri Abang Sam. Juru bicara Forever 21 mengatakan, perusahaan akan lakukan restrukturisasi dengan mengoptimalkan gerai yang tersisa.

"Kami memang berharap sejumlah besar toko-toko ini akan tetap terbuka dan beroperasi seperti biasa, dan kami tidak berharap untuk keluar dari pasar utama di AS," kata juru bicara Forever 21.

Lantas bagaimana dengan nasib Forever 21 yang di Jakarta?

Bangkrut di AS, Forever 21 Jakarta Menyusut & Akan Tutup?Foto: Forever 21 akhirnya merilis daftar hampir 180 lokasi yang berpotensi ditutup sebagai bagian dari proses kebangkrutannya pada hari Selasa (1/10). (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)


CNBC Indonesia melakukan penelusuran di Forever 21 Grand Indonesia. Gerai di pusat perbelanjaan itu telah mengalami perampingan menjadi satu lantai saja.

Annisa Hazarini, Public Relations Department Marketing Communication Division Grand Indonesia pun membenarkan hal ini. "Iya benar,sekarang Forever 21 hanya 1 lantai dari sebelumnya 2 lantai," ujar dia kepada CNBC Indonesia, Selasa (2/10/2019).

Berbicara soal penutupan, pihak mal mengaku belum mendapatkan informasi dari tenant. "Sejauh ini kami belum dapat info perihal ini, karena memang merupakan kebijakan dari pihak tenant," ungkapnya.

Perampingan juga disebut-sebut dilakukan di gerai Forever 21 di Lippo Mal Puri. Kendati demikian Nidia N. Ichsan selaku Corporate Public Relations Lippo Malls Indonesia tak mengetahui perihal ini. "Sepertinya lebih tepat tanya ke Forever 21 nya saja," ungkap nya dia.

Rhena, Marketing Forever 21 pun membenarkan bahwa ada down size dari kedua gerai tersebut. Dan untuk hal lebih lanjut pihak Forever 21 Indonesia juga tak bisa berkomentar banyak karena semua kebijakan ada management di AS.

"Iya betul ada down size. Untuk hal lainnya kami akan bantu untuk jawab tapi management memilih untuk dari pusat di AS," papar dia.



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading