Nasib Forever 21: Toko Terancam Tutup & Bos Tak Lagi Miliuner

Lifestyle - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
29 August 2019 15:05
Nasib Forever 21: Toko Terancam Tutup & Bos Tak Lagi Miliuner
Jakarta, CNBC Indonesia- Bisnis gerai ritel kenamaan Forever 21 tengah dihantam badai tahun ini. Terakhir, toko pakaian yang memiliki 815 gerai di seluruh dunia ini dikabarkan terancam bangkrut dan tutup.

Dikutip dari CNBC Internasional pada Rabu (28/8/2019), sumber yang familiar dengan bisnis gerai ini mengatakan Forever 21 sedang berjihad mempertahankan bisnisnya. Namun, upaya mereka tampak sia-sia karena tak bisa hindari kebangkrutan. Meskipun sampai saat ini disebut juga bahwa perusahaan masih dimungkinkan bisa hindari pailit.




Dalam setahun belakangan, gerai-gerai ritel seperti Forever 21 memang banyak berguguran. Terutama yang beroperasi di pusat perbelanjaan di mana mulai ada penurunan konsumen. Seiring dengan menurunnya penjualan, perusahaan juga mendapat tekanan persaingan dengan hadirnya toko-toko online yang mulai disukai pasar. Sementara gerai ritel harus mengeluarkan ongkos cukup besar untuk operasional toko mereka di mal.

Tak cuma itu, sebelumnya pasangan pendiri Forever 21 juga melepas status mereka sebagai miliuner di Amerika Serikat.

Nasib Forever 21: Toko Terancam Tutup & Bos Tak Lagi MiliunerFoto: Toko Forever 21 (ist/via.wolipop.detik.com)


Pasangan pendiri gerai ritel Forever 21 Jin Sook dan Do Won Chang terdepak dari daftar jajaran miliuner Amerika Serikat tahun ini. Bisnisnya dikabarkan tengah lesu, akibat persaingan ketat dengan H&M.

Pasangan suami istri berdarah Korea Selatan ini sempat memiliki kekayaan gabungan senilai US$ 5,9 miliar atau Rp 84 triliun pada 2015, dikutip dari Forbes. Kini, harta keduanya anjlok hanya menjadi US$ 1,6 miliar. 

Pasangan suami istri ini mendirikan Forever 21 pada 1984 atau 35 tahun lalu di Los Angeles, toko ini mereka dirikan usai berimigrasi dari Korea Selatan 3 tahun sebelumnya. Nama toko semula adalah Fashion 21, dengan gerai seluas 900 kaki persegi yang dibeli oleh pasangan ini dari pedagang grosir besar-besaran. 

Forever 21 merupakan perusahaan privat, sehingga mereka tidak merilis angka penjualan. 

Jumlah gerai Forever 21 juga disinyalir menyusut di Amerika Serikat, dilaporkan oleh Forbes gerai-gerai toko fesyen ini sudah diganti di beberapa mal dengan gerai makanan atau kosmetik.

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading