Jadi Rebutan, Sepenting Ini Peran Spider-Man Buat Sony

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
21 August 2019 18:24
Sony tak mau kalah dengan Disney dalam negosiasi bagi hasil Spider-Man. Buat Sony, Spider-Man memberi kontribusi besar
Jakarta, CNBC Indonesia - Nasib karakter Spider-Man dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) berada di ujung tanduk. Pasalnya rumah produksi Sony Pictures tidak lagi bekerja sama dengan Marvel Studios, yang merupakan bagian dari Disney. Sony Pictures sendiri memiliki lisensi atas karakter pria laba-laba tersebut.

"Kami berharap ini dapat berubah di masa depan, tetapi perlu dipahami bahwa banyak tanggung jawab baru yang diberikan Disney kepadanya dan tidak memberikan waktu baginya untuk bekerja pada kekayaan intelektual yang tidak mereka miliki," kata juru bicara Sony, dilansir dari AFP.




Beberapa media Hollywood sempat melaporkan bahwa Disney dan Sony gagal dalam menyepakati persyaratan keuangan untuk film Spider-Man selanjutnya. Disney meminta biaya produksi film Spider-Man selanjutnya dibagi rata 50:50, namun Sony menolaknya.

Menurut Deadline, keduanya gagal dalam menyepakati masalah uang. Disney ingin secara signifikan meningkatkan saham keuangannya dalam film-film Spider-Man selanjutnya, dengan meminta biaya produksi dibagi rata 50:50. Sementara Sony menolak untuk mengubah persyaratan yang ada.

Alasan lainnya ialah Sony tidak ingin berbagi waralaba terbesarnya dengan Disney. Di sisi lain Disney tidak ingin melanjutkan kerja sama karena hanya mendapat 5 persen dari pendapatan kotor film yang diproduksi bersama. 



Perdebatan dua rumah produksi itu sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu hingga membuat geram presiden Marvel Studios Kevin Feige. Selain itu ada juga soal pembahasan mengenai pengembangan semesta Spider-Man. Dengan begitu, Sony dan Disney bisa membuat film lepas yang masih berkaitan dengan semesta Spider-Man.

Namun Sony yang diwakilkan Tom Rothman dan Tony Vinciquerra menolak permintaan itu. Mereka memberikan penawaran lain, tapi Disney juga ikut menolak tawaran tersebut. Belum ada jalan tengah yang dapat menyelesaikan masalah kedua belah pihak.

Karakter dan film Spider-Man sendiri merupakan salah satu pahlawan super paling sukses dalam sejarah film. Iterasi Spider-Man di Belanda telah menghasilkan emas box office. Sejauh ini karakter tersebut telah muncul dalam total lima film Marvel Studios dan Sony sejak perjanjian kolaborasi, yang secara kolektif menghasilkan hampir $ 8 miliar di seluruh dunia.

Sebuah sumber mengatakan sebenarnya masih ada dua film Spider-Man yang akan diproduksi. Dalam dua film itu, Spider-Man akan diperankan Tom Holland, dan disutradarai kembali oleh Jon Watts.

Namun dengan keluar dari Marvel, nasib dua film Spider-Man tersebut pun menggantung. Ada dua kemungkinan besar yang bisa terjadi, Sony menggarap Spider-Man sendiri atau Sony rujuk dengan Marvel. Feige disebut sangat menyukai karakter Spider-Man dan saat ini menjadi salah satu karakter yang paling besar. Kerja sama Sony dan Disney masih mungkin terjadi bila ada kesepakatan baru.

Jadi Rebutan, Sepenting Ini Peran Spider-Man Buat SonyFoto: Infografis/Di Bawah Kendali Disney/Edward Ricardo



[Gambas:Video CNBC]
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading