Negosiasi Disney-Sony Buntu, Spider-Man Cerai dengan Avengers

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
21 August 2019 11:25
Negosiasi Disney-Sony Buntu, Spider-Man Cerai dengan Avengers
Jakarta, CNBC Indonesia- Kabar buruk bagi pencinta superhero Marvel, Spider-Man dikabarkan tak lagi bergabung dengan pahlawan super Avengers lainnya di periode berikut.

Dilansir dari The Verge, Bos Marvel Studios Kevin Fiege memutuskan menarik diri untuk memproduksi film Spider-Man di masa mendatang. Ini akibat buntunya negosiasi antara Sony dan Disney soal bagi hasil pendapatan film Spider-Man.




Seperti diketahui, Sony masih memegang hak atas karakter Spider-Man dan Disney adalah induk usaha Marvel Studios.

Akibatnya, tak akan ada lagi Spider-Man di jagat perfilman Marvel Cinematic. Begitu juga bonus-bonus kehadiran karakter seperti Nick Fury atau jagoan Avengers lainnya seperti yang kemarin-kemarin dinikmati penggemar di Spider-Man: Far From Home. Jangan harap.



Negosiasi Disney-Sony Buntu, Spider-Man Cerai dengan AvengersFoto: Tom Holland, Spiderman, Bali (CNBC Indonesia/Gustidha Budiarti)


Negosiasi Buntu Akibat Masalah Duit
Menurut sumber Deadline, buntunya negosiasi ini lantaran masalah uang. Disney dilaporkan meminta jatah dari film Spider-Man di masa depan menjadi 50/50 coproductions antara Disney dan Sony. Sementara saat ini, Marvel (dan Disney) hanya mendapat 5 persen dari pendapatan box office.

Spider-Man: Far From Home diketahui meraup pendapatan signifikan, tembus lebih dari US$ 1 miliar dan artinya Disney hanya dapat US$ 50 juta dari film tersebut.

Ini adalah angka fantastis buat Sony, dan menurut Disney angka ini banyak dikontribusikan oleh tim Marvel ( di bawah Kevin Feige) dan rangkaian film Avengers yang mendorong penggemar datang ke bioskop. Jadi wajar, kata mereka, untuk meminta jatah lebih.

Tapi Sony tak sepakat. Menurut laporan Deadline, Sony tampaknya merasa bahwa tim kreatif gabungan sutradara Jon Watts (yang memimpin Spider-Man: Homecoming dan sekuelnya, Far From Home), aktor Tom Holland, dan produser Amy Pascal mengaku akan cukup untuk menjaga momentum waralaba Spider-Man untuk film masa depan, bahkan tanpa keterlibatan Feige.

Sebelumnya, Marvel Studios dan Sony pertama kali menyetujui kesepakatan atas Spider-Man pada tahun 2015, yang memungkinkan hadirnya karakter yang muncul dalam film-film Marvel crossover, meskipun Sony mempertahankan hak atas karakter tersebut dan bertanggung jawab untuk membiayai, mendistribusikan, dan kontrol hingga akhir.

Holland berperan sebagai karakter Spider- Man tidak lama setelah itu, dan ia kemudian muncul untuk berperan dalam tiga film Disney yakni Captain America: Civil War, Avengers: Infinity War, dan Avengers: Endgame - serta di dua Marvel Studios produksi, film solo milik Sony.  

Sesuai dengan laporan asli kontrak Holland, ia masih memiliki satu film solo yang tersisa, meskipun laporan Deadline mencatat bahwa setidaknya ada dua film arahan Jon Watts yang dibintangi oleh Holland dalam karya-karyanya.

Negosiasi Disney-Sony Buntu, Spider-Man Cerai dengan AvengersFoto: Infografis/Film Marvel Terlaris/Edward Ricardo




[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading