Asyiknya Menghabiskan Sore Hari di Padang Gurun Pinnacles

Lifestyle - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
25 May 2019 - 17:01
Asyiknya Menghabiskan Sore Hari di Padang Gurun Pinnacles
Jakarta, CNBC Indonesia- Mengunjungi Perth di Australia Barat tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke padang gurunnya. Australia merupakan benua yang lengkap dengan kekayaan alam, dari pegunungan, lautan, hingga padang gurun.

Jika Anda sedang berada di Perth, berkunjunglah ke Pinnacles, gurun pasir yang memiliki bebatuan lancip yang unik. Tim Detiknetwork telah melakukan perjalanan ke sana pada 21-27 Maret lalu.

Pinnacles berada di Nambung National Park, Nambung, Australia Barat, dan bisa dicapai dengan berbagai kendaraan atau tur travel. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah Tur Adams, dengan fasilitas 'hotel pickup service' menggunakan bus besar yang bila terisi penuh untuk 52 penumpang.


Namun, untuk layanan pickup hotel, hanya ada di hotel-hotel tertentu, sehingga harus diperhatikan sebelum keberangkatan.



australia barat (jangan dinaikin)Foto: Sand boarding dan 4WD adventure di Pinnacles, Nambung National Park, Australia Barat. (Dok.Adams)


Dari kota Perth, perjalanan ke Nambung National Park sekitar 3 jam atau sekitar 188 kilometer. Tunggulah momen matahari terbenam untuk mendapatkan pemandangan terbaik di Pinnacles.

Sambil menunggu sore hari, wisatawan bisa berkunjung terlebih dahulu ke Yanchep National Park. Di sana Anda bisa melihat koala yang tinggal di pohon-pohon tinggi hingga melihat kanguru.

Perjalanan dari Yanchep biasanya lancar, karena kendaraan melaju dengan teratur. Selain itu, meski di luar kota, tetap ada alat pendeteksi kecepatan berkendara dan tilang otomatis jika melebihi kecepatan tertentu. Batas maksimal kecepatan mobil adalah 110 kilometer per jam.

Di Nambung National Park, Anda bisa melihat sabana luas yang dikelilingi semak-semak. Saat memasuki kawasan taman nasional, ada beberapa marka jalan yang unik, dan mungkin hanya ada di Australia. Misalnya saja marka jalan yang koala melintas, kangguru, hingga binatang lainnya.

Sampai di Pinnacles sebelum matahari terbenam, Anda bisa merasakan hawa sejuk cenderung dingin. Anda juga bisa melihat warna keemasan yang cantik saat matahari sebelum terbenam. Pemandangan sangat indah, ketika warna keemasan bertemu dengan hamparan pasir. Inilah saat yang tepat bagi anda untuk berfoto di Pinnacles.

Terlihat bebatuan runcing yang terhampar di padang pasir. Batu-batu runcing ini terbentuk sekitar lima juta tahun yang lalu, dari kumpulan kerang yang mengeras. Semula, kumpulan batu runcing ini terendam oleh air laut.

Setelah matahari benar-benar terbenam, wisatawan bisa melanjutkan makan malam di Cervantes Pinnacles Motel, dengan menu steak dan seafood. Jangan lupa memotret suasana malam di Pinnacles dan "milky way"nya.

Tapi perlu diperhatikan, karena Pinnacles adalah padang gurun maka suhu udara pada malam hari biasanya cukup dingin dan disertai angin kencang. Jadi jangan lupa membawa pakaian hangat.

Jika mengunjungi Pinnacles siang hari, sambil menunggu matahari terbenam, Anda bisa mencoba "sand boarding" atau seluncur di pasir. Ada pula '4WD adventure' menggunakan mobil yang dikenakan biaya tur setara AUD 215 atau setara Rp 2,15 juta.

australia barat (jangan dinaikin)Foto: Sand boarding dan 4WD adventure di Pinnacles, Nambung National Park, Australia Barat. (Dok.Adams)
(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading